Hindari Pandemi Covid-19, Pendiri Google Pindah ke Selandia Baru – Bagyanews.com
Connect with us

IT

Hindari Pandemi Covid-19, Pendiri Google Pindah ke Selandia Baru

Published

on

Hindari Pandemi Covid-19, Pendiri Google Pindah ke Selandia Baru




Teknologi – Salah satu pendiri Google, Larry Page, telah memperoleh izin tinggal di Selandia Baru. Dia ternyata sudah tinggal di Selandia Baru selama pandemi Covid-19.

Page mengajukan izin tinggal di Selandia Baru pada November 2020 melalui visa ‘Investor Plus’, tetapi visa kependudukan tersebut tidak bisa langsung diproses karena Page berada di luar negeri.

Visa tersebut hanya diberikan jika yang bersangkutan telah berinvestasi sebesar NZ$10 juta atau sekitar Rp101 miliar dalam jangka waktu tiga tahun. Visa akhirnya diproses setelah Page tiba di Auckland pada 12 Januari.

Diketahui, Selandia Baru tidak mengizinkan warga negara asing masuk ke negaranya selama pandemi Covid-19. Page bisa masuk ke Auckland karena alasan darurat, di mana ketika itu putranya sedang sakit dan butuh perawatan. Sebelumnya Page dan keluarga tinggal di Fiji demi menghindari virus corona.

“Begitu Page masuk ke Selandia Baru, aplikasi visanya diproses dan disetujui pada 4 Februari 2021,” kata Imigrasi Selandia Baru dalam pernyataannya, Sabtu (7/8/2021).

Menteri Kesehatan Selandia Baru Andrew Little mengatakan kepada Parlemen bila Page bisa masuk ke Selandia Baru dengan langkah-langkah yang normal dan memenuhi persyaratan dan pengecualian khusus (evakuasi medis). “Saya katakan semua langkah normal terjadi dalam kasus ini,” jelasnya.

Di sisi lain, Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan kepada Parlemen jika dirinya tidak mengetahui perihal masuknya Page ke Selandia Baru, tetapi dia percaya pihak-pihak terkait telah mengambil keputusan yang benar.

Selandia Baru yang relatif terisolasi dari mayoritas populasi dunia menjadikannya destinasi favorit bagi orang-orang kaya untuk menghindari pandemi Covid-19.

Selandia Baru bahkan disebut sebagai salah satu negara terbaik untuk menghindari gejolak sosial. Negara itu memiliki kemandirian dalam sektor pangan dan energi, iklim yang sedang, dan sistem politik yang stabil.

Selain Page, pengusaha superkaya lainnya yang juga pindah ke Selandia Baru adalah Peter Thiel, salah satu pendiri PayPal. Dia mendapatkan kewarganegaraan Selandia Baru pada 2017, meskipun hanya pernah tinggal di sana selama 12 hari.

Thiel menanamkan investasi di start-up lokal Xero dan membeli properti, serta tanah 193 hektare di Wanaka, yang merupakan daerah berbatu. Pada 2016, CEO OpenAI Sam Altman pernah mengatakan dirinya dan Thiel berencana pindah ke Selandia Baru jika terjadi bencana sistemik yang menyebabkan dunia dalam guncangan.


Photo Credit: Larry Page. Bloomberg/David Paul Morris

 

Didik Fitrianto
Latest posts by Didik Fitrianto (see all)





Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved