Gus Baha Kupas Tuntas Jual Beli dan Riba, Mana Lebih Menguntungkan? – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Gus Baha Kupas Tuntas Jual Beli dan Riba, Mana Lebih Menguntungkan?

Published

on

Gus Baha Kupas Tuntas Jual Beli dan Riba, Mana Lebih Menguntungkan?



loading…

Ulama ahli tafsir Al-Qur’an Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) menjelaskan tentang jual beli dan riba. Mana yang lebih menguntungkan?

Dalam satu kajiannya, Ahli Tafsir dari Rembang ini mengulasnya dengan menggunakan logika perumpamaan sehingga mudah dipahami. Tidak mengharamkan, tetapi penjelasan Gus Baha lebih kepada memberi solusi.

Mengutip dari NU Online yang bersumber dari salah satu kajiannya Tahun 2019 lalu, Gus Baha mengaku pernah membeli buku-buku ekonomi Islam sampai tidak terhitung saking banyaknya. Yang dibeli rata-rata dari kitab berbahasa Arab, tapi beberapa di antaranya buku ekonomi Islam berbahasa Indonesia.

Tujuan utama pembelian hanya ingin mencari bukti bahwa jual beli dari kaca mata ekonomi itu lebih prospektif daripada riba. Kalau Allah melarang itu tidak sembarangan. Allah pasti bertanggung jawab atas larangannya dengan memberi solusi yang sangat bagus. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman:

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS Al-Baqarah: 275)

Kalau ayat tersebut menjelaskan jual beli sebagai transaksi halal dan riba diharamkan, pasti bisa dibuktikan kebenarannya dengan argumentasi ilmiah, sehingga konstruksi firman Allah itu kokoh secara argumentatif. Terakhir kalinya, Gus Baha mendapat jawaban atas teka-teki kehalalan jual beli dan keharaman riba justru tidak bersumber dari kitab ekonomi Islam, melainkan dari Kitab Hilyatul Auliya’ pada bab Fadhaaili Abdurrahman ibn Auf (keutamaan Abdurrahman ibn Auf).

“Ternyata, di antara fadhilah beliau (Abdurrahman bin Auf) menjadi orang kaya raya, karena tiap jual-beli itu cash (kontan). Nangis saya, sujud syukur, saya senang bukan main. Akhirnya, ketika mengaji saya jelaskan, orang sekarang baru sadar,” kata Gus Baha.

Belajar dari Abdurrahman bin Auf
Abdurrahman bin Auf termasuk orang paling kaya di Madinah. Apabila dia membawa kafilah dagangnya ke China, Madinah bisa goncang, saking banyaknya unta Abdurahman bin Auf. Satu ketika Abdurrahman ditanya, “Kenapa anda bisa sekaya ini?” Jawab Abdurrahman, “Aku tidak pernah dagang kecuali dengan cara cash (kontan)”.

Pernah suatu kali, kata Gus Baha, Abdurrahman bin Auf berdagang unta. Labanya, jika dirupiahkan mungkin hanya untung Rp50 ribu dari harga dasar untanya Rp30 juta. Sebuah keuntungan yang tidak sebanding.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Gus #Baha #Kupas #Tuntas #Jual #Beli #dan #Riba #Mana #Lebih #Menguntungkan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved