Gus Baha: Keutamaan Surat Toha – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Gus Baha: Keutamaan Surat Toha

Published

on

Gus Baha: Keutamaan Surat Toha



loading…

Gus Baha menjelaskan bahwa bahwa Surat Toha dan Surat Yasin merupakan satu paket. “2000 tahun sebelum Allah SWT menciptakan langit dan bumi, yang dibaca adalah dua surat ini,” tuturnya dalam kajian tafsir Tafsir al-Jalalain , Surat Toha di Kanal YouTube Ansor TV.

Baca juga: Biografi dan Silsilah Gus Baha, Nasabnya Sampai kepada Brawijaya V

Imam al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulum ad-Din juga menyebutkan sebuah hadis bahwa Allah membaca surah Yasin dan Thaha seribu tahun sebelum menciptakan makhluk. Ketika para malaikat mendengar al-Qur’an, maka mereka berkata: “beruntung umat Muhammad, karena mereka dianugerahi al-Qur’an. Beruntung dada yang menghapalnya dan beruntung lisan yang senantiasa membacanya”

Menurut Imam al-‘Iraqi, hadis tersebut diriwayatkan oleh Imam ad-Darimi dari Abu Hurairah dengan sanad yang lemah (dha‘if).

Beberapa ulama lain yang meriwayatkan hadis tersebut adalah: Imam Ibn Khuzaimah, Imam al-‘Uqaili, Imam ath-Thabrani, Imam Ibn ‘Adiy, dan Imam Ibn Murdawaih. Adapun Imam al-Baihaiqi meriwayatkan dengan redaksi berbeda, yaitu: “dua ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi” (Lihat Imam Murtadha az-Zabidi, Ithaf as-Sadah al-Muttaqin, 1994, IV: 464).

Dalam kesempatan lain, Syekh Hamami Zadah menyebutkan hadis serupa dengan redaksi berbeda, yaitu: Allah membaca surah Yasin dan Toha dua ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi. Ketika para malaikat mengetahui hal itu, maka mereka berkata: “beruntung umat Muhammad, karena mereka dianugerahi dua surah ini. Beruntung orang yang menghapal dan mengamalkan keduanya dan beruntung lisan yang senantiasa membaca keduanya”.

Menurut Gus Baha yang bernama lengkap KH Ahmad Bahauddin Nursalim ini, banyak riwayat hadis yang menyebut tentang keutamaan Surat Toha dan Surat Yasin. “Ada yang setuju ada yang tidak. Tapi sudah menjadi tradisi para ulama bahwa Yasin dan Toha punya posisi khusus,” tandas Gus Baha.

Baca juga: Gus Baha: Saya Sering Kirim Al Fatihah ke Nabi Idris

Sejumlah ulama menyebut setidaknya ada 4 keutamaan Surat Toha.

Pertama, termasuk Al-Ma’in yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pengganti Zabur.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved