Doa Berlindung dari Utang dan Memohon Segera Lunas – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Doa Berlindung dari Utang dan Memohon Segera Lunas

Published

on

Doa Berlindung dari Utang dan Memohon Segera Lunas

[ad_1]


loading…

Doa berlindung dari utang dan memohon pertolongan Allah agar segera dapat melunasi utang tersebut, diajarkan Rasulullah kepada sahabatnya. Dengan mengamalkan doa tersebut, utang sebesar dan sebanyak gunung pun akan Allah Ta’ala lunasi. Bagaimana lafadz doa tersebut? Dikutip dari kitab ‘Bahjatun Nazhirin Syarhu Raiyadhush Shaalihiin’, karya Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali, dijelaskan bahwa salah satu petunjuk berupa doa untuk yang berutang ini diajarkan dalam sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam ini. Dengan berdoa juga bisa menjadi solusi untuk masalah hidup tersebut.

Baca juga: Agar Mati Tak Meninggalkan Utang: Begini Do’a dan Zikir Bebas dari Utang

Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya seorang sahaya mukatab (sahaya yang sedang membayar kemerdekaan dirinya dengan angsuran kepada tuannya) pernah datang kepada dia lalu berkata: “Sesungguhnya saya tidak mampu untuk membayar angsuran kemerdekaan saya. Karena itu, bantulah saya.”

‘Ali berkata: “Maukah kuajari beberapa kalimat yang telah diajarkan kepadaku oleh Rasulullah shallaahu ‘alaihi wa sallam? Andaikata kamu mempunyai hutang sebesar gunung pun, pasti Allah melunasinya untukmu, maka, ucapkanlah: “Ya, Allah, cukupkanlah aku dengan apa-apa yang halal dari apa-apa yang haram menurut-Mu. Jadikanlah aku kaya dengan karunia-Mu daripada membutuhkan kepada selain-Mu.” (HR. At-Tirmidzi: 3563, Ahmad: I/153 dan al Hakim: I/538. At Tirmidzi berkata: “Hadis hasan.”)

Dalam hadis lainnya, Rasulullah juga mengajarkan sebuah doa kepada salah satu sahabatnya dari Anshar yakni Abu Umamah. Suatu waktu, dikisahkan bahwa Abu Umamah tengah duduk termenung di masjid di luar waktu shalat dengan tatapan mata yang kosong jauh menerawang.

Kemudian, tidak beberapa lama, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam masuk ke dalam masjid dan menghampiri Abu Umamah. Rasulullah bertanya, “Wahai Abu Umamah, aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat, apa yang terjadi denganmu?” Abu Umamah menjawab, “Ya Rasulullah, saat ini aku dalam kesulitan membayar utang.”

Rasulullah berkata, “Aku akan mengajarkanmu beberapa perkataan positif, jika engkau mengucapkannya, mudah-mudahan Allah SWT akan menghilangkan segala kesulitanmu dan melunasi utang-utangmu. Dan doa di ataslah yang Rasulullah sampaikan kepada Abu Umamah. Kemudian, setelah beberapa waktu berlalu, menurut pengakuan Abu Umamah setelah ia mengamalkan dan membaca doa yang diajarkan Nabi tersebut, Allah menghilangkan kebingungan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, ketakutan, dan utang-utangnya dapat dilunasi. (HR Abu Daud).

Baca juga: Orang Tua Bijak Mengerti Kebutuhan Anak Hingga Kehidupan Alam Akhirat

Berikut lafadz doa tersebut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Doa #Berlindung #dari #Utang #dan #Memohon #Segera #Lunas

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved