Digitalisasi, Huawei dan ASEAN Foundation Jaring Talent Muda – Bagyanews.com
Connect with us

IT

Digitalisasi, Huawei dan ASEAN Foundation Jaring Talent Muda

Published

on

Digitalisasi, Huawei dan ASEAN Foundation Jaring Talent Muda



BagyaNews.com – ASEAN Foundation dan Huawei menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang upaya bersama untuk menjembatani kesenjangan talenta digital. Kolaborasi ini diresmikan dalam gelaran Asia Pacific Innovation Day Digital Talent Summit 2021. Gelaran ini sekaligus mempertemukan para pembuat kebijakan, peneliti, dan pakar industri untuk berbagi solusi dan praktik terbaik dalam membangun ekosistem berkelanjutan yang akan membantu menumbuhkan talenta digital di Asia Pasifik.

“Kegiatan Digital Talent Summit 2021 yang bertujuan mendiskusikan dan memberikan solusi untuk kebutuhan tenaga kerja usia muda yang handal digital sangatlah relevan, terutama pada masa pandemi yang memaksa kita untuk bergantung pada perangkat digital. Acara ini juga sejalan dengan obyektif dari ASEAN Digital Masterplan 2025 yaitu meningkatkan kemampuan masyarakat ASEAN untuk berpartisipasi di era ekonomi digital,” kata Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN Robert Matheus Michael Tene, melalui rilisnya yang diterima BagyaNews.com, Sabtu (06/11/2021).

Komitmen untuk menjembatani kesenjangan talenta digital di Asia Pasifik, khususnya ASEAN, semakin diperkuat dengan penandatanganan MoU antara ASEAN Foundation dan Huawei ASEAN Academy. Perjanjian itu menyoroti kesiapan keduanya untuk menerapkan ASEAN Seeds for the Future, yang merupakan versi yang ditingkatkan dari Seeds for the Future, inisiatif unggulan CSR global Huawei yang telah menyediakan pelatihan keterampilan digital kelas dunia bagi kaum muda di seluruh dunia sejak 2008.

“Kelak, kerja sama kami akan berkontribusi terhadap tercapainya tujuan-tujuan ASEAN Digital Masterplan 2025, antara lain mendorong anak-anak muda di kawasan ini untuk meningkatkan kapasitasnya dan berpartisipasi dalam ekonomi digital, serta menciptakan masyarakat digital yang inklusif di Asia Tenggara,” kata Vice President of Huawei Asia Pacific Jay Chen.

Melalui ASEAN Seeds for the Future, ASEAN Foundation dan Huawei ASEAN Academy berupaya membangun kapasitas talenta digital kaum muda di sepuluh negara anggota ASEAN agar mereka dapat berkembang di era ekonomi digital.

Program ASEAN Seeds for the Future tersebut diharapkan akan berkontribusi dalam mewujudkan visi ASEAN Digital Masterplan 2025, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas generasi muda di kawasan untuk turut ambil bagian dalam meningkatkan perekonomian digital dan menciptakan masyarakat ASEAN yang inklusif secara digital.

ASEAN Seeds for the Future sendiri rencananya akan diluncurkan secara resmi pada awal tahun 2022 mendatang, dengan mengundang perwakilan remaja dari kawasan ASEAN berusia antara 15 hingga 30 tahun dalam mengasah kapasitas kepemimpinan dan kecakapan digital.


Photo Credit: Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Yang Mee Eng dan VP Huawei Indonesia Albert Yang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di sela-sela “The ASIA Pacific Innovation Day Digital Talent Summit 2021”, di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Rabu (03/11/2021). ASEAN/PR Huawei

 

Koes W. Widjojo
Latest posts by Koes W. Widjojo (see all)





Sumber Berita telegraf.co.id

#Digitalisasi #Huawei #dan #ASEAN #Foundation #Jaring #Talent #Muda

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved