Bolehkah Memadukan Puasa dengan Diet? Bagaimana Hukumnya? – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Bolehkah Memadukan Puasa dengan Diet? Bagaimana Hukumnya?

Published

on

Bolehkah Memadukan Puasa dengan Diet? Bagaimana Hukumnya?

[ad_1]

loading…

Bulan Ramadhan akan segera kita masuki. Sebagai umat Islam, kita akan menjalankan ibadah puasa wajib selama sebulan penuh. Nah, di kalangan muslimah terkadang terselip niat puasa sambil berdiet karena menilai puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan . Bagaimana sebenarnya hukum puasa sambil berdiet ini?

Dalam Islam, hikmah pensyariatan puasa tidak hanya berkaitan dengan manfaat di akhirat , namun juga bisa dirasakan di dunia. Di antara manfaat di dunia adalah puasa dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan orang yang melaksanakannya dari penyakit.

Baca juga: Inilah ‘Petunjuk’ Jodoh Kita Telah Mendekat!

Sedangkan di antara manfaat di akhirat adalah puasa bisa menjadi tameng dari api neraka, pahala berpuasa dijamin secara khusus oleh Allah di antara sekian jenis ibadah yang lain, terlebih puasa Ramadhan, pahalanya digandakan menjadi berlipat-lipat.

Karena puasa juga memilik efek manfaat dari sisi medis, tidak jarang dalam puasanya seseorang menyertakan niat melakukan diet, yaitu mengatur pola makan untuk kesehatan atau menurunkan berat badan, biasanya atas petunjuk dokter. Bagaimana hukum berpuasa dengan niat diet?

Tentang hal tersebut, Ustadz M. Mubasysyarum Bih, Dewan Pembina Pondok Pesantren Raudlatul Quran, Geyongan, Arjawinangun, Cirebon, Jawa Barat, seperti dilansir NU Online menjelaskan, puasa merupakan ibadah yang membutuhkan niat. Tidak sah berpuasa tanpa niat. Hal ini berdasarkan hadis Nabi: “Keabsahan beberapa amal bergantung kepada niat-niatnya” (HR al-Bukhari).

Baca juga: 4 Tips Menyambut Bulan Ramadhan

Adapun batas minimal yang mencukupi dalam niat puasa adalah dengan menyebutkan qashdul fi‘li dan ta’yin. Maksud dari qashdul fi’li adalah menyengaja melakukan puasa, misalnya “aku niat berpuasa”. Ta’yin artinya menentukan jenis puasanya, sekira bisa dibedakan dengan jenis puasa yang lain, semisal puasa Ramadhan, puasa qadha Ramadhan, puasa kafarat, dan lain sebagainya.

Kewajiban menentukan jenis puasa berlandaskan hadis Nabi: وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

[ad_2]

Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved