Bertepatan Hari Tasyrik, Begini Cara Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Dzulhijjah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Bertepatan Hari Tasyrik, Begini Cara Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Dzulhijjah

Published

on

Bertepatan Hari Tasyrik, Begini Cara Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Dzulhijjah



loading…

Puasa Ayyamul Bidh di bulan Dzulhijjah bertepatan Hari Tasyrikatau hari yang dilarang untuk puasa. Lalu, bagaimana cara mengerjakan puasa sunnah Ayyamul Bidh di bulan Dzulhijjah nanti?

Untuk diketahui, awal Dzulhijjah insya Allah kita masuki pada tanggal 11 Juli 2021. Di bulan mulia itu umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah bertepatan 20 Juli 2021.

Baca Juga: Amalan Puasa Sunnah di Bulan Mulia

Adapun Hari Raya Idul Adha dan 3 hari setelahnya merupakan Hari Tasyrik. Begini penjelasan Ustaz Hanif Luthfi Lc MA terkait puasa Ayyamul Bidh di bulan Dzulhijjah dilansir dari rumahfiqih.

Puasa Ayyamul Bidh (Ayyam al-Bidh) adalah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Ayyamul Bidh artinya adalah hari-hari putih.

Puasa ini biasanya dilakukan 3 hari dalam tiap bulan ketika rembulan sedang purnama, yaitu tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan Qamariyyah (kalender Hijriyah). Adapun kesunnahan puasa Ayyamul Bidh ini menjadi masalah ketika di bulan Dzulhijjah, dimana tanggal 13 bulan Dzulhijjah masih masuk Hari Tasyri kyang dilarang puasa.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved