Begini Leluhur Nabi Muhammad SAW Mengelola Kakbah, Makan Gratis bagi Jamaah Haji – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Begini Leluhur Nabi Muhammad SAW Mengelola Kakbah, Makan Gratis bagi Jamaah Haji

Published

on

Begini Leluhur Nabi Muhammad SAW Mengelola Kakbah, Makan Gratis bagi Jamaah Haji



loading…

Pada masa pra-Islam, yakni pada era Kakbah dikelola Qushay bin Kilab, Mekkah makin mencorong. Qushay melakukan banyak perubahan pada sistem pengelolaan Kakbah. Leluhur Nabi Muhammad SAW ini dikenal sebagai Bapak Pembangunan Kota Mekkah. Pada masanya, pengelola Kakbah menyiapkan makan gratis pada para peziarah Kakbah.

Baca juga: Doa Nabi Ibrahim dan Begini Gambaran Mekkah Pra-Islam

Ali Husni Al-Kharbuthli dalam bukunya berjudul “Sejarah Ka’bah” mengatakan pada awalnya, di Kota Mekkah tidak ada rumah atau bangunan selain Kakbah.

Kabilah Jurhum maupun belakangan Khuzaah, yang berkuasa di Mekkah, tinggal di luar Tanah Haram. Mereka melarang siapapun untuk menginap pada malam hari di sekitar Baitullah, yang dibangun oleh Nabi Ibrahim bersama putranya Ismail sekitar tahun 2130 SM itu.

Muhammad Husain Haekal dalam bukunya berjudul “Sejarah Hidup Muhammad” mengemukakan Khuza’a maupun Jurhum tidak ingin melihat ada bangunan lain di sekitar Rumah Tuhan itu. Lagi pula pada malam hari mereka tidak pernah tinggal di tempat itu, melainkan pergi ke tempat-tempat terbuka.

Hingga akhirnya setelah lima abad berlalu, pada era Qushay bin Kilab berkuasa di Mekkah, barulah rumah dan bangunan bisa didirikan di sekitar Kakbah.

Haekal menjelaskan, setelah Qushay memegang pimpinan Mekkah ia mengumpulkan Quraisy dan menyuruh mereka membangun di tempat itu. Dengan dipelopori oleh Qushay sendiri dibangunnya Dar’n-Nadwa sebagai tempat pertemuan pembesar-pembesar Mekkah yang dipimpin oleh Qushay sendiri.

Di tempat ini mereka bermusyawarah mengenai masalah-masalah negeri itu. Menurut kebiasaan mereka, setiap persoalan yang mereka hadapi selalu diselesaikan dengan persetujuan bersama. Baik wanita atau laki-laki yang akan melangsungkan perkawinan harus di tempat ini pula.

Dengan perintah Qushay orang-orang Quraisy lalu membangun tempat-tempat tinggal mereka di sekitar Kakbah itu, dengan meluangkan tempat yang cukup luas untuk mengadakan tawaf sekitar Kakbah dan pada setiap dua rumah disediakan jalan yang menembus ke tempat tawaf tersebut.

Baca juga: Tahukah Anda? Orang yang Pertama Kali Memasang Kiswah Kakbah Ternyata Penyembah Berhala



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Begini #Leluhur #Nabi #Muhammad #Mengelola #Kakbah #Makan #Gratis #bagi #Jamaah #Haji

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved