Muhammad Quraish Shihab mengatakan dalam menghadapi para pengingkar, Al-Qur’an seringkali mengemukakan alasan-alasan pengingkaran, baru kemudian menanggapi dan menolaknya. Hal demikian terlihat dengan jelas dalam uraian Al-Qur’an tentang hari akhir.”Pada umumnya masyarakat Arab meragukan bahkan mengingkari adanya hari akhir; sementara yang percaya pun memiliki kepercayaan keliru,” ujar Quraish Shihab dalam bukunya berjudul “
Wawasan Al-Quran, Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat”
وَقَالُوٓا۟ أَءِذَا كُنَّا عِظَٰمًا وَرُفَٰتًا أَءِنَّا لَمَبْعُوثُونَ خَلْقًا جَدِيدًا
Mereka berkata: “Jika kami telah menjadi tulang-belulang dan benda-benda yang hancur, apakah benar-benar kami masih akan dibangkitkan dalam bentuk makhluk yang baru?” ( QS Al-Isra , [17]: 49).
وَقَالُوا إِنْ هِيَ إِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا وَمَا نَحْنُ بِمَبْعُوثِينَ
Mereka berkata: “Ia (hidup ini) tidak lain kecuali kehidupan kita di dunia (saja) dan kita tidak akan dibangkitkan!” (QS Al-An’am [6]: 29).
وَأَقْسَمُوا بِاللَّهِ جَهْدَ أَيْمَانِهِمْ ۙ لَا يَبْعَثُ اللَّهُ مَنْ يَمُوتُ ۚ
Bahkan Mereka bersumpah demi Allah dengan sumpah yang sungguh-sungguh: “Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati” ( QS Al-Nahl [16]: 38).
Baca juga: Iman kepada Allah Taala Terkait Keimanan Hari Kiamat
Menurut Quraish, aneka ragam cara Al-Qur’an menyanggah pandangan keliru itu, sekali secara langsung dan di kali yang lain tidak secara langsung. Dengarkan misalnya Al-Qur’an ketika menyatakan: