Sepupu Nabi SAW Ini Kaya Ilmu dan Harta Serta Cinta Damai – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Sepupu Nabi SAW Ini Kaya Ilmu dan Harta Serta Cinta Damai

Published

on

Sepupu Nabi SAW Ini Kaya Ilmu dan Harta Serta Cinta Damai



loading…

Abdullah bin Abbas bin Abdul Mutthalib bin Hasyim adalah sepupu Rasulullah SAW . Tak hanya kaya ilmu pengetahuan semata, Ibnu Abbas juga memiliki kekayaan yang lebih besar lagi, yakni etika ilmu serta akhlak para ulama. Dalam kedermawanan dan sifat pemurahnya, ia bagaikan Imam dengan panji-panjinya. Dilimpah-ruahkannya harta bendanya kepada manusia, persis sebagaimana ia melimpah ruahkan ilmunya kepada mereka.

Baca juga: Kalah Berdebat dengan Sepupu Nabi SAW, 20.000 Orang Khawarij Tobat

Orang-orang yang sesama dengannya, pernah menceritakan dirinya sebagai berikut:

“Tidak sebuah rumah pun kita temui yang lebih banyak makanan, minuman, buah-buahan, begitupun ilmu pengetahuannya dari rumah Ibnu Abbas.”

Di samping itu ia seorang yang berhati suci dan berjiwa bersih, tidak menaruh dendam atau kebencian kepada siapa juga.

Keinginannya yang tak pernah menjadi kenyang, ialah harapannya agar setiap orang, baik yang dikenalnya atau tidak, beroleh kebaikan.

Katanya mengenai dirinya sendiri, Ibnu Abbas mengatakan:

“Setiap aku mengetahui suatu ayat dari kitabullah, aku berharap kiranya semua manusia mengetahui seperti apa yang kuketahui itu. Dan setiap aku mendengar seorang hakim di antara hakim-hakim Islam melaksanakan keadilan dan memutus sesuatu perkara dengan adil, maka aku merasa gembira dan turut mendo’akannya, padahal tak ada hubungan perkara antaraku dengannya.

Dan setiap aku mendengar turunnya hujan yang menimpa bumi Muslimin, aku merasa berbahagia, padahal tidak seekor pun binatang ternakku yang digembalakan di bumi tersebut.”

Ibnu Abbas adalah seorang ahli ibadah yang tekun beribadat dan rajin bertaubat, sering bangun di tengah malam dan puasa di waktu siang, dan seolah-olah kedua matanya telah hafal akan jalan yang dilalui oleh air matanya di kedua pipinya, karena seringnya ia menangis, baik di kala ia salat maupun sewaktu membaca Al-Quran.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved