Memisahkan Tempat Tidur Anak Menurut Syariat – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Memisahkan Tempat Tidur Anak Menurut Syariat

Published

on

Memisahkan Tempat Tidur Anak Menurut Syariat



loading…

Anjuran untuk memisahkan tempat tidur anak berbarengan dengan perintah mengajarkan anak sholat dan memberinya penegasan jika telah berusia 10 tahun. Dalilnya ada dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu daud berikut ini:

Baca juga: Ilmu Agama, Kunci Bahagia di Dunia dan Akhirat

عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ مُرُوا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرِ سِنِينَ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ ‏”

“Dari ‘Amru bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya berkata, “Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: perintahkanlah anak-anakmu untuk melaksanakan sholat saat usianya tujuh tahun, dan pukullah (beri sanksi) saat usianya sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur di antara mereka.” (HR. Abu Daud)

Baca juga: Amalan Mulia yang Dijamin Langsung oleh Rasulullah

Seorang ulama Mesir, Syekh Musthofa ‘Adawi, dalam kitab Fiqh Tarbiyatu al-Abna’ menjelaskan hadis ini bahwa memisahkan anak-anak untuk tidur bersama adalah hal lain dari mengajarkannya sholat pada usia tujuh tahun dan memberi penegasan ketika meninggalkan sholat pada usia 10 tahun. Usia ideal untuk memisahkan anak-anak tidur di satu tempat adalah relatif. Tergantung kebijakan kedua orang tua jika telah melihat waktu yang tepat untuk memisahkan anak-anak terlebih jika sudah memasuki usia hampir baligh.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved