Dahsyatnya Kandungan Al-Qur’an, Tak Ada Kitab yang Bisa Menandinginya (1) – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Dahsyatnya Kandungan Al-Qur’an, Tak Ada Kitab yang Bisa Menandinginya (1)

Published

on

Dahsyatnya Kandungan Al-Qur’an, Tak Ada Kitab yang Bisa Menandinginya (1)



loading…

Muhammad Ma’ruf Assyahid
Jurnalis-Sufi,
Alumnus Ponpes Baitul Mustaqim Lampung Tengah,
Jamaah Thariqah Naqsyabandiyah Khalidiyah

Mari kita simak keabadian makna Al-Qur’an dan surat cinta dari Allah berikut:

“…Dan mereka yang beriman pada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Nabi Muhammad) dan (kitab-kitab suci) yang telah diturunkan sebelum engkau dan mereka yakin akan adanya akhirat.” (Al-Baqarah Ayat 4)

Tafsir mengenai ayat keempat dalam Surat Al-Baqarah ini relatif sama pada setiap buku tafsir. Nyaris tidak ada perselisihan pendapat bahwa orang Islam wajib mengimani Al-Qur’an dan semua kitab suci yang diturunkan kepada para Nabi-nabi sebelumnya. Namun, bagi saya, tafsir Ibn Abbas tetaplah tampak paling orisinil, dan memberikan penjelasan singkat dan paling memuaskan, karena bagaimanapun dia berhubungan langsung dengan pembawa risalah Kanjeng Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW).

Saya akan banyak mengutip definisi Al-Qur’an dan kitab-kitab sebelumnya dari Kitab I’tidaq-Nama, karya Maulana Dhiya Ad-din Khalid Al Baghdadi, seorang ulama sufi agung dari suku Kurdi negara Irak. Beliau adalah pendiri cabang tarekat Sufi Naqsyabandi – yang disebut Khalidiyah—kepada thariqat ini, saya juga telah berbaiat pada jalan para Nabi.

Kitab yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berjudul Iman dan Islam oleh penerbit Hakikat Kitabevi ini sangat rinci mengungkapkan tafsir maknawi atas apa yang disebut sebagai kalimat Allah, atau word of gods.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved