Seorang Laki-laki Mengeluh kepada Imam Hasan Al-Bashri, Begini Kisahnya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Seorang Laki-laki Mengeluh kepada Imam Hasan Al-Bashri, Begini Kisahnya

Published

on

Seorang Laki-laki Mengeluh kepada Imam Hasan Al-Bashri, Begini Kisahnya



loading…

Kemiskinan dan kekayaan sejatinya adalah ujian dari Allah. Namun, banyak di antara manusia mengeluhkan tentang kemiskinan yang dihadapinya.

Imam Al-Qurthubi mengemukakan sebuah kisah dalam tafsirnya ketika menerangkan tafsir Surat Nuh. Kisah ini diceritakan kembali oleh Habib Quraisy Baharun dalam kajiannya agar kaum muslimin menjadikan istighfar dan tobat sebagai solusi dari segala persoalan.

Ibnu Shubayh berkata:

شَكَا رَجُلٌ إِلَى الْحَسَنِ الْجُدُوبَةَ فَقَالَ لَهُ: اسْتَغْفِرِ اللَّهَ. وَشَكَا آخَرُ إِلَيْهِ الْفَقْرَ فَقَالَ لَهُ: اسْتَغْفِرِ اللَّهَ. وَقَالَ لَهُ آخَرُ. ادْعُ اللَّهَ أَنْ يَرْزُقَنِي وَلَدًا، فَقَالَ لَهُ: اسْتَغْفِرِ اللَّهَ. وَشَكَا إِلَيْهِ آخَرُ جَفَافَ بُسْتَانِهِ، فَقَالَ لَهُ: اسْتَغْفِرِ اللَّهَ. فَقُلْنَا لَهُ فِي ذَلِكَ؟ فَقَالَ: مَا قُلْتُ مِنْ عِنْدِي شَيْئًا، إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَقُولُ فِي سُورَةِ” نُوحٍ”: اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كانَ غَفَّاراً. يُرْسِلِ السَّماءَ عَلَيْكُمْ مِدْراراً.

“Ada seorang lelaki mengeluhkan kepada Al-Hasan Al-Bashri tentang musim kering, maka Al-Hasan berkata kepadanya, “Beristighfarlah!”. Lalu ada lelaki yang lain mengeluhkan kepadanya tentang kemiskinannya. Maka Al-Hasan berkata, “Beristighfarlah!”. Lalu datang lelaki yang lain seraya berkata, “Doakanlah untukku agar Allah menganugerahkan bagiku anak”. Maka Al-Hasan berkata kepadanya, “Beristighfarlah!”. Lalu datang lelaki yang lain yang mengeluhkan akan kebunnya yang kering. Maka Al-Hasan berkata kepadanya. “Beristighfarlah!”.

Kami pun berkata kepadanya tentang jawabannya tersebut, maka Al-Hasan berkata: “Aku sama sekali tidak berpendapat dengan pendapat pribadi, sesungguhnya Allah berfirman dalam Surat Nuh:



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved