Surah Maryam Ayat 26: Kisah Maryam Berpuasa Bicara – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Surah Maryam Ayat 26: Kisah Maryam Berpuasa Bicara

Published

on

Surah Maryam Ayat 26: Kisah Maryam Berpuasa Bicara

[ad_1]


loading…

Dalam Al-Qur’an , puasa disebutkan dengan dua istilah, yakni shiyam dan shaum. Meskipun keduanya berasal dari akar kata yang sama, namun terdapat perbedaan. Istilah pertama merujuk pada menahan diri dari makan, minum, dan hubungan seks demi karena Allah sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Sedangkan shaum bermakna menahan diri tidak mengucapkan sesuatu sebagaimana Maryam berpuasa bicara.

Kisah Maryam berpuasa bicara Allah SWT ceritakan dalam surah Maryam [19] ayat 26 yang berbunyi:

فَكُلِيْ وَاشْرَبِيْ وَقَرِّيْ عَيْنًا ۚفَاِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ اَحَدًاۙ فَقُوْلِيْٓ اِنِّيْ نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا فَلَنْ اُكَلِّمَ الْيَوْمَ اِنْسِيًّا ۚ

٢٦

Maka makan, minum dan bersenanghatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini.” (QS Maryam [19] ayat 26).

Baca juga: Kisah Nabi Isa Menghidupkan Kembali Putra Nabi Nuh

Laman Tafsir Al-Quran mengutip Tafsir al-Sa’adi menyebutkan, secara umum, surah Maryam [19] ayat 26 berbicara mengenai kitab Allah SWT kepada Maryam agar ia makan, minum dan berbahagia di tengah carut-marut persoalan kehamilannya yang dipertanyakan oleh Bani Israil.

Ia diperintahkan untuk tidak berbicara sepatah kata apa pun terkait permasalahan tersebut dan dengan sabar menanti datangnya kebenaran.

Kehebohan bani Israil berkenaan kehamilan Maryam adalah hal yang wajar. Sebab ia dikenal sebagai sosok yang mulia dan tidak pernah disentuh laki-laki mana pun.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Surah #Maryam #Ayat #Kisah #Maryam #Berpuasa #Bicara

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved