Anak Angkat yang Menjadi Pelanjut Tugas Kenabian – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Anak Angkat yang Menjadi Pelanjut Tugas Kenabian

Published

on

Anak Angkat yang Menjadi Pelanjut Tugas Kenabian

[ad_1]


loading…

Kisah pertemuan Nabi Ilyas dan Ilyasa terjadi tatkala Nabi Ilyas menjadi buruan Raja Israil. Kala itu, Ilyasa masih muda dan menderita sakit. Nabi Ilyas berdoa untuk kesembuhan Ilyasa. Setelah sembuh, Ilyasa menjadi anak angkat sekaligus murid Nabi Ilyas. Menurut Wahb bin Munabbih, Nabi Ilyas as merupakan putra Nissi bin Fanhas bin al-‘Izar bin Harun bin Imran. Sedangkan Menurut Ibn Ishaq, sebagaimana dikutip oleh Muhammad Washfi dalam “Tarikh al-Anbiya’ wa ar-Rusul” Nabi Ilyas adalah putera Yusa ibn Fanhash ibn al-‘Izar ibn Harun, saudaranya Musa. Wahb juga menambahkan bahwa masa spesifik pengutusan Nabi Ilyas kepada Bani Israil adalah sesudah Hizqil as (Hezkiel).

Nabi Ilyas diutus oleh Allah SWT setelah Nabi Daud dan Sulaiman. Beliau diperintahkan berdakwah kepada kaum Baal di Kota Ba’albak yang terletak di daerah sebelah barat Damaskus (Suriah). Daerah tersebut kini masuk wilayah Lebanon. Mereka adalah kelompok Bani Israil yang menyembah berhala Ba’al. Nabi Ilyas menyeru mereka agar hanya menyembah kepada Allah dan mengesakan-Nya.

Baca juga: Beda Pendapat Tentang Nabi Ilyas Adalah Nabi Idris

Kisah Dalam Al-Qur’an
Nama Nabi Ilyas sendiri disebut dalam Al-Qur’an sebanyak empat kali, yaitu di Surat al-An’am ayat 85 dan ash-Shaffat ayat 123, 129, dan 130.

Sedangkan, kisah tentang perjuangan Nabi Ilyas dalam memperingatkan kaumnya termuat dalam surat ash-Shaffat ayat 124 hingga 128. Tidak banyak ayat yang menceritakan tentang kisah Nabi Ilyas. Namun, keberadaannya sebagai nabi dan Rasul Allah SWT sangat jelas disebutkan dalam surat ash-Shaffat ayat 123 tersebut.

Firman Allah swt:

وَاِنَّ اِلْيَاسَ لَمِنَ الْمُرْسَلِيْنَۗ

Dan sungguh, Ilyas benar-benar termasuk salah seorang rasul.” ( QS Ash-Shaffat [37]: 123)

Nabi Ilyas as lahir di tengah-tengah kaum penyembah berhala. Mereka bersama Raja Ahab yang kejam membuat dan menyembah patung Baal besar di tengah kota untuk dijadikan sebagai pusat penyembahan.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Anak #Angkat #yang #Menjadi #Pelanjut #Tugas #Kenabian

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved