Doa, Dzikir dan Shalawat di Malam Isra’ Mi’raj, Yuk Amalkan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Doa, Dzikir dan Shalawat di Malam Isra’ Mi’raj, Yuk Amalkan

Published

on

Doa, Dzikir dan Shalawat di Malam Isra’ Mi’raj, Yuk Amalkan

[ad_1]


loading…

Pada siang dan malam Isra’ Mi’raj , umat muslim dianjurkan untuk menghidupkan malam tersebut dengan memperbanyak ibadah, dzikir dan doa kepada Allah, serta bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam. Lantas doa, dzikir dan jenis shalawat apa saja yang dapat diamalkan? Menurut riwayat Abu Ayyub Al-Anshari, Rasulullah Shallallau alaihi wa sallam pernah bercerita mengenai peristiwa pertemuannya dengan Nabi Ibrahim pada saat Mi’raj . Pada perjumpaan itu, Nabi Ibrahim mengajarkan dzikir ini kepada Nabi Muhammad yang lafalnya dibaca sebagai berikut:

“La haula walaa quwwata illa billah”

Artinya: “Tidak ada daya (dalam menjauhi maksiat) dan tidak ada upaya (menjalankan ketaatan) melainkan dengan pertolongan Allah”

Baca juga: 5 Amalan Sunnah di Malam Isra Mir’aj, Jangan Lupa Amalkan!

Sebenarnya dzikir ini tidak dikhususkan saatIsra Mirajsaja. Kita juga dapat mengamalkan dzikir ini dalam kesehariasebagaimana telah dianjurkan oleh Nabi Ibrahim alaihissalm berikut ini. “Perintahkanlah pada umatmu untuk membiasakan memperbanyak (bacaan zikir itu) yang nantinya akan menjadi tanaman surga, tanahnya begitu subur, juga lahannya begitu luas,”(H.R. Ahmad).

Sedangkan doa dianjurkan juga diamalkan di siang maupun malam Isra Mi’raj nanti. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa-doa yang bisa dipanjatkan sepanjang bulan Rajab ini:

1. Doa malam Isra Mi’raj

Allohumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru.

Artinya “Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati.”

2. Doa Sayyidina Ali bin Abi Thalib.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Doa #Dzikir #dan #Shalawat #Malam #Isra #Miraj #Yuk #Amalkan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved