Abu Jahal, Sang Penyulut yang Tewas dalam Perang Badar – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Abu Jahal, Sang Penyulut yang Tewas dalam Perang Badar

Published

on

Abu Jahal, Sang Penyulut yang Tewas dalam Perang Badar




loading…

Permusuhan Abu Jahal kepada Rasulullah SAW mencapai puncaknya pada saat Perang Badar . Dia menjadi pengobar semangat perang kaum Quraisy . Akhirnya, dia terbunuh dalam perang ini.Sebelum berangkat ke Badar, terjadi friksi di tubuh pasukan Quraisy. Sebagian pihak melihat urgensi perang itu sudah tidak ada lagi karena ltujuan mereka sebenarnya adalah mengamankan kafilah dagang Abu Sufyan yang saat itu sudah selamat sampai di Mekkah.

Namun, di pihak lain, Abu Jahal dan pemuka Quraisy yang lain berpendapat bahwa momen tersebut sangat tepat untuk memberi pelajaran kepada kaum Muslim.

Mereka tidak tahan lagi karena merasa dianggap remeh oleh kekuatan kaum Muslim yang dulu lemah dan terusir dari mereka. Mereka merasa harga diri mereka telah diinjak-injak oleh Rasulullah Saw. dan para pengikutnya.

Baca juga: Kisah si Kafir Abu Jahal Mencuri Dengar Rasulullah SAW Membaca Al-Quran

Melihat perbedaan tersebut, Abu Jahal menggunakan lidahnya yang tajam untuk menyulut semangat juang dan mengobarkan semangat tempur kaum Quraisy. Bahkan, dia tak segan-segan mengucapkan kata-kata sinis kepada Umayyah ibn Khalaf yang merupakan salah seorang tokoh Quraisy karena berada di pihak yang tidak ingin berangkat perang.

Beberapa waktu sebelum berangkat ke Badar, Abu Jahal bersama ‘Uqbah ibn Abi Mu’aith sempat menyambangi Umayyah. Abu Jahal datang membawa celak dan pemalitnya, sedangkan ‘Uqbah membawa tempat kemenyan dan api.

Abu Jahal dan Uqbah tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk memantik semangat berperang Umayyah dan membuatnya berbalik arah.

Setelah menaruh perapian kemenyan itu di hadapan Umayyah, ‘Uqbah berujar meledek, “Abu Ali, pakailah perapian ini karena engkau perempuan.”

Abu Jahal pun tak mau kalah. Dia juga berkata dengan sinis, “Bercelaklah, Abu ‘Ali, karena engkau perempuan.” Tersulut dengan ejekan Abu Jahal dan Uqbah, Umayyah pun langsung minta dibelikan unta yang paling baik untuk digunakannya berangkat ke medan perang.”



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Abu #Jahal #Sang #Penyulut #yang #Tewas #dalam #Perang #Badar

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved