Haruskah Gamang dan Ragu Soal Rezeki? Ini Nasihat Syekh Abdul Qadir AL-Jailani – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Haruskah Gamang dan Ragu Soal Rezeki? Ini Nasihat Syekh Abdul Qadir AL-Jailani

Published

on

Haruskah Gamang dan Ragu Soal Rezeki? Ini Nasihat Syekh Abdul Qadir AL-Jailani




loading…

Keraguan dan ambisi perihal rezeki atau harta kerap menjerumuskan orang ke dalam keburukan. Padahal, keraguan dan kegamangan perihal rezeki merupakan sesuatu yang tidak perlu karena Allah telah mengatur rezeki masing-masing orang. Menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Kitab Al-Fathur Rabbani wal Faidhur Rahmani, saat ini banyak orang menjadi tamak dan jauh dari kebaikan karena memiliki ambisi dan hasrat gila perihal rezeki . Hal ini merupakan efek samping dari keraguan pada pembagian Allah yang membuat jiwa gelisah.

Baca juga: Inilah di Antara Sebab Datangnya Rezeki

Syekh Abdul Qadir Al-Jailani berkata:

الرِّزْقُ مَقْسُومٌ لايزيد لا ينقص ولا يتقدم ولا يتأخر أنت شاك في ضمان الحق عز وجل، حريص على طلب ما لم يقسم لك، حرصك قد منعك عن الحضور عند العلماء ومشاهد الخير أن تنقص أرباحك وأن يقل زبونك

Artinya, “Rezeki sudah dibagi (diatur pembagiannya), tidak lebih, tidak kurang, tidak maju, dan tidak mundur. Sementara kamu ragu dengan jaminan Allah dan berambisi untuk menuntut rezeki yang bukan bagianmu? Padahal ambisi atau hasrat itu yang mencegahmu untuk berdekatan dengan ulama dan forum-forum kebaikan karena khawatir keuntungan dan dan pelangganmu berkurang?” (Lihat Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Al-Fathur Rabbani wal Faidhur Rahmani).

Sebuah hadis menerangkan bahwa Allah telah mengatur rezeki dan ajal masing-masing orang. Keduanya akan mendatangi masing-masing orang sesuai ketentuan Allah untuknya.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرِّزْقُ مَقْسُومٌ وكذا الرزق يطلب العبد كما يطلبه أجله

Artinya, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Rezeki sudah dibagi (diatur pembagiannya). Sebagaimana rezeki, ajal pun mengejar manusia,'” (HR Al-Ajaluni fi Kasyfil Khafa).

Seperti dilansir NU Online, kepada orang yang cemas, ragu, gamang, gelisah, dan khawatir perihal rezeki, Syekh Abdul Qadir Al-Jailani selanjutnya mengingatkan mereka pada kuasa Allah. Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengajak mereka untuk mengingat kembali pemberian rezeki selama ini.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Haruskah #Gamang #dan #Ragu #Soal #Rezeki #Ini #Nasihat #Syekh #Abdul #Qadir #ALJailani

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved