Tidak Ada yang Tersisa pada Hari Kiamat Kecuali Dia – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Tidak Ada yang Tersisa pada Hari Kiamat Kecuali Dia

Published

on

Tidak Ada yang Tersisa pada Hari Kiamat Kecuali Dia




loading…

Surat Yasin ayat 83 adalah ayat terakhir Surat Yasin. Ayat ini menegaskan bahwa Allah SWT Maha Suci dari segala sifat kekurangan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Pada ayat-ayat sebelumnya telah diterangkan bagaimana Kuasa Allah SWT untuk menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati dan Kuasa-Nya menciptakan langit dan bumi beserta segala isinya.

Allah SWT berfirman:

فَسُبْحَانَ الَّذِي بِيَدِهِ مَلَكُوتُ كُلِّ شَيْءٍ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Maka, Mahasuci (Allah dari segala sifat kekurangan dan keburukan) yang dalam (genggaman) tangan-Nya kerajaan segala sesuatu dan hanya kepada-Nya kamu akan dikembalikan.” ( QS Yasin : 83)

Baca juga: Surat Yasin Ayat 80: Nyala Api, Pohon, dan Hari Kebangkitan

Al-Qusyairi dalam Lathaif al-Isyarat menerangkan bahwa ayat di atas menunjukkan kekuasaan Allah SWT dalam menampakkan segala sesuatu. Tidak ada satu pun makhluk yang ada di dunia kecuali atas penciptaan-Nya. Dan tidak ada yang tersisa pada Hari Kiamat kecuali Dia. Allah SWT lah segala sumber kehidupan makhluk dan hanya kepada-Nya lah makhluk-makhluk itu akan kembali.

Sedangkan Ibnu Jarir ath-Thabari menjelaskan kalimat ‘fasubhan’ sampai kata ‘kulli syay’in’ adalah bentuk penyucian (tanzih) Allah SWT yang dalam genggaman-Nya segala kerajaan dan segala isinya. Adapun kalimat wa ilayhi turja’uun, menunjukkan bahwa hanya kepada-Nya lah seluruh umat manusia akan dikembalikan dan dihidupkan setelah mereka mati.

Sama seperti ath-Thabari, al-Wahidi dalam Tafsir al-Wajiz menerangkan bahwa kata ‘subhan’ pada ayat di atas adalah bentuk penyucian Allah SWT dari segala sifat ketidakkuasaan terkait dengan kebangkitan manusia setelah kematiannya.

Kalimat ‘biyadihi malakuutu kulli syay’in’ menurut al-Wahidi adalah ungkapan tentang Kemahakuasaan Allah SWT atas segala sesuatu. Sedangkan kalimat ‘wa ilayhi turja’uun’ menegaskan bahwa di akhirat kelak semua makhluk akan kembali kepada-Nya.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Tidak #Ada #yang #Tersisa #pada #Hari #Kiamat #Kecuali #Dia

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved