Masih Suka Pamer? Begini Pemandangan Pelakunya di Akherat Kelak – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Masih Suka Pamer? Begini Pemandangan Pelakunya di Akherat Kelak

Published

on

Masih Suka Pamer? Begini Pemandangan Pelakunya di Akherat Kelak




loading…

Suatu waktu kita di dunia, mungkin kita pernah berbuat pamer (riya) terhadap sesuatu yang mahal dan bagus yang kita beli atau kita kenakan. Bahkan dalam soal ibadah pun, mungkin tanpa sadar kita pernah melakukan semua ketaatan namun niat bukan karena Allah, melainkan hanya ingin didengar dan dilihat oleh manusia. Syaikh Mahmud Al-Misri dalam kitabnya ‘Rihlah Ila Ad-Dar Al-Akhirah’ mengajak kita melihat pemandangan orang yang suka pamer atau riya ini di negeri akhirat kelak. Dia menjelaskan, sangat rugi orang-orang riya (pamer) ini, karena orang-orang seperti ini akan mendapati amal mereka sia-sia, dan tidak berguna.

Baca juga: Hati-hati Jaga Hati, Inilah 6 Tempat Riya Menurut Imam Al Ghazali

Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Ta’ala:

وَقَدِمْنَآ إِلَىٰ مَا عَمِلُوا۟ مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَٰهُ هَبَآءً مَّنثُورًا

“Dan kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan.” (QS. Al Furqon: 23)

Dan firman Allah Ta’ala :

وَلَوْ أَنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مَا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُۥ مَعَهُۥ لَٱفْتَدَوْا۟ بِهِۦ مِن سُوٓءِ ٱلْعَذَابِ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۚ وَبَدَا لَهُم مِّنَ ٱللَّهِ مَا لَمْ يَكُونُوا۟ يَحْتَسِبُونَ(48 وَبَدَا لَهُمْ سَيِّـَٔاتُ مَا كَسَبُوا۟ وَحَاقَ بِهِم مَّا كَانُوا۟ بِهِۦ يَسْتَهْزِءُونَ

“Dan sekiranya orang-orang yang zalim mempunyai apa yang ada di bumi semuanya dan (ada pula) sebanyak itu besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan itu dari siksa yang buruk pada hari kiamat. Dan jelaslah bagi mereka azab dari Allah yang belum pernah mereka perkirakan. (48). Dan (jelaslah) bagi mereka akibat buruk dari apa yang telah mereka perbuat dan mereka diliputi oleh pembalasan yang mereka dahulu selalu memperolok-olokkannya.” (QS Az Zumar: 47-48

Kekecewaan manusia akan bertambah ketika melihat fenomena ini. RasulullahShalallahu alaihi wa salam bersabda,

“Pada Hari Kiamat, Allah akan memberi keputusan (qadha) pada semua hamba-Nya. Pertama kali orang yang datang adalah orang membaca Qur’an, lalu orang yang berjihad di jalan Allah, dan orang yang banyak harta. Kemudian Allah berfirman kepada orang yang membaca Qur’an, “Bukankan Aku yang mengajarkanmu apa yang Aku turunkan pada Rasulku?” Ia berkata, “Ya, wahai Tuhan.”

Allah bertanya, “Apa yang engkau lakukan tentang apa yang engkau telah ketahui?” Ia menjawab, “Saya mengamalkan Al-Qur’an di waktu siang dan malam.” Allah berkomentar, “Engkau telah berbohong.” Malaikat berkata, “Engkau berbohong.” Allah berbicara kepadanya, “Padahal sebenarnya engkau ingin dikatakan Fulan ahli membaca Qur’an, dan memang telah dikatakan demikian kepadamu.”

Baca juga: Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 223 : Istri Merupakan Ladang untuk Suaminya

Lalu datang orang yang memiliki banyak harta, Allah berkata kepadanya, “Bukankah Aku telah melapangkanmu sehingga engkau tidak membutuhkan lagi seseorang?” Ia berkata, “Ya wahai Tuhan.” Allah bertanya, “Apa yang engkau lakukan pada harta yang telah Aku berikan kepadamu?” Ia berkata, “Saya melakukan Silaturrahim, dan mengeluarkan shadaqah.”



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Masih #Suka #Pamer #Begini #Pemandangan #Pelakunya #Akherat #Kelak

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved