5 Pahala Amalan Ini Setara Haji dan Umrah, Nomor 1 Sangat Mudah Dilaksanakan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

5 Pahala Amalan Ini Setara Haji dan Umrah, Nomor 1 Sangat Mudah Dilaksanakan

Published

on

5 Pahala Amalan Ini Setara Haji dan Umrah, Nomor 1 Sangat Mudah Dilaksanakan




loading…

Impian melaksanakan ibadah haji dan umrah ke tanah suci Mekkah, tentu ada di setiap benak kaum mukmin. Namun, karena wabah covid-19 yang masih melanda, impian tersebut sepertinya masih sulit diwujudkan. Namun demikian, Allah menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah. Amalan-amalan apa itu? Menurut Ustadz Muhammad Ihsan, dari Dewan konsultasi Bimbingan Islam menjelaskan amalan-amalan yang setara dengan pahala haji dan umrah , yang berdasarkan dalil-dalil hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Di antara amalan tersebut, antara lain:

Baca juga: Rukun Haji dan Umrah Lengkap dengan Keutamaan dan Penjelasannya

1. Berdzikir tasbih, tahmid, dan takbir setelah setiap sholat wajib

Abu Hurairah radhiyallahu’anhu berkata, “Para sahabat yang fakir pernah mendatangi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam lalu berkata: Orang-orang kaya bisa mendapatkan derajat yang tinggi dan kenikmatan yang abadi. Mereka mengerjakan sholat seperti kami, berpuasa seperti kami, tapi mereka memiliki kelebihan harta untuk berangkat haji, umrah, berjihad dan sedekah. Baca juga: Menikah Tanpa Wali Ayah Kandung, Bagaimana Hukumnya? Beliau Shallalahu alaihi wa sallam pun bersabda: “Maukah kalian aku beritahu suatu amalan apabila dikerjakan, kalian akan bisa menyusul orang-orang sebelum kalian dan orang-orang setelah kalian tidak bisa menyusul kalian, dan kalian menjadi manusia terbaik di zaman kalian, kecuali ada orang yang mengerjakan amalan semisal? (yaitu) bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setiap selesai sholat sebanyak 33 kali.” (HR. Bukhari no. 843).

Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW berusaha menghibur hati para sahabat yang tidak sanggup untuk menunaikan ibadah haji, lalu beliau pun menunjukkan sebuah amalan yang sebanding dengan amalan haji, umrah dan berjihad.

2. Pergi ke masjid dengan tujuan menuntut ilmu atau mengajarkan ilmu

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَن غَدا إلى المَسْجِدِ لا يُرِيدُ إلّا أنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أوْ يَعْلَمَهُ، كانَ لَهُ كَأجْرِ حاجٍّ تامًّا حِجَّتُهُ

“Siapa yang pergi ke masjid dengan tujuan mempelajari ilmu atau mengajarkannya, dia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna.” (HR. Thabrani no. 7473, lihat shahih targhi wa tarhib no. 86).

3. Pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat wajib dalam keadaan bersuci

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Pahala #Amalan #Ini #Setara #Haji #dan #Umrah #Nomor #Sangat #Mudah #Dilaksanakan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved