Abu Regal, Kaum Tsamud yang Selamat dari Azab karena Bersembunyi di Wilayah Haram – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Abu Regal, Kaum Tsamud yang Selamat dari Azab karena Bersembunyi di Wilayah Haram

Published

on

Abu Regal, Kaum Tsamud yang Selamat dari Azab karena Bersembunyi di Wilayah Haram




loading…

Abu Regal atau Abu Tsaqif adalah seorang dari Kaum Tsamud. Ia selamat dari azab Allah Taala yang menimpa kaumnya karena ia berlari dan bersembunyi di wilayah Haram (sekarang Masjidil Haram ). Hanya saja, begitu ia keluar dari wilayah suci itu, ia langsung tewas terkena azab yang sama.Baca juga: Kisah Nabi Shaleh, Tuntutan Kaum Tsamud Sangat Muskil tapi Dikabulkan Allah Taala

Kisah ini disampaikan dalam beberapa hadits Rasulllah SAW. Ibnu Katsir dalam “Qashash al-Anbiya” menyebut hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Jabir:

Ketika Rasulullah SAW lewat di daerah Hijr, beliau bersabda, “Janganlah kalian meminta mukjizat, sebab kaum Nabi Shaleh pernah memintanya, dan dikeluarkanlah seekor unta dari tebing ini, namun kaum itu melanggar perintah Tuhan mereka dengan menyembelihnya.

Unta itu meminum persediaan air mereka dalam satu hari dan sebagai gantinya kaum itu dapat meminum persediaan susu unta itu dalam satu hari, namun mereka tetap membunuhnya, maka mereka pun diazab dengan suara yang menggelegar dari atas langit, hingga mereka semua binasa kecuali satu orang yang bersembunyi di dalam wilayah Haram (sekarang Masjidil Haram).”

Lalu para sahabat bertanya, “Siapakah orang itu wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab, “Ia adalah Abu Regal. Namun setelah ia keluar dari wilayah Haram ia juga dikenakan azab yang sama dengan azab yang dijatuhkan kepada kaumnya.”

Menurut Ibnu Katsir, sanad hadits ini shahih, namun tidak ada satupun dari Kutub AsSittah (kitab enam para imam hadits, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah) yang menyebutkannya dalam kitab mereka.” Wallahu a’lam.

Diriwayatkan pula suatu hari Nabi SAW lewat di makam Abu Regal, lalu beliau berkata, “Apakah kalian tahu makam siapa ini?”

Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya tentu lebih tahu.”



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Abu #Regal #Kaum #Tsamud #yang #Selamat #dari #Azab #karena #Bersembunyi #Wilayah #Haram

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved