Kisah si Kafir Abu Jahal Mencuri Dengar Rasulullah SAW Membaca Al-Quran – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah si Kafir Abu Jahal Mencuri Dengar Rasulullah SAW Membaca Al-Quran

Published

on

Kisah si Kafir Abu Jahal Mencuri Dengar Rasulullah SAW Membaca Al-Quran




loading…

Lelaki itu bernama asli ‘Amr ibn Hisyam namun oleh umat Islam ia berjuluk Abu Jaha l yang bermakna “biang kebodohan”. Ia merupakan salah satu tokoh Quraisy yang sangat memusuhi Rasulullah SAW . Si kafir ini mengagumi Al-Quran. Seringkali, secara diam-diam ia mencuri dengar Rasulullah SAW membaca Kitab Suci tersebut.Dalam sirah nabawiyah disebutkan bahwa sebelum masyhur sebagai “Abu Jahal”, sebutannya adalah Abul Hakam. Maknanya, “sosok bijaksana.” Pada masa Islam ia dikenal sebagai sosok yang kejam, bengis, dan bertangan dingin. Sumayyah adalah salah seorang sahabat Rasulullah SAW yang merasakan kekejamannya hingga dia meninggal dunia.

Nasab dan Silsilah ‘Amr ibn Hisyam ibn Al-Mughirah adalah nasab yang dimiliki oleh Abu Jahal. Lelaki yang awalnya bergelar Abu Al-Hakam ini merupakan salah satu tokoh kuat di kalangan Quraisy yang berasal dari Bani Makhzum.

Baca juga: Surat Yasin Ayat 7-8: Nasib Abu Jahal dan Mereka yang Terbelenggu dalam Kekafiran

Doa Nabi agar Abu Jahal Masuk Islam
Abu Jahal adalah orang yang cerdas juga sangat berpengaruh. Lantaran itu pula Rasulullah SAW sangat berharap Abu Jahal sudi memeluk Islam. Saat dakwah Islam melemah dan mendapat banyak sekali penentangan dari kaum Quraisy, Rasulullah SAW pernah memohon kepada Allah SWT:

“Aliahumma a’izza Al-Islam bi ahadi al-rajulaini, imma Abu Jahl ibn Hisyam wa imma ‘Umar ibn Al-Khattab (Ya Allah, muliakanlah Islam dengan salah satu di antara kedua lelaki ini, Abu Jahal ibn Hisyam atau Umar ibn Al-Khaththab).”

Melalui doa tersebut, Rasulullah SAW sangat berharap Abu Jahal masuk Islam sehingga dapat mengurangi permusuhan kaum Quraisy. Beliau memohon doa itu sebelum Umar bin Khattab masuk Islam. Ternyata, di antara kedua tokoh yang beliau harapkan itu, Umar bin Khattab yang terpilih dan diberi hidayah oleh Allah SWT. Dengan demikian, sosok Umar bin Khattab mampu melindungi Islam dengan pengaruhnya di tengah kaum Quraisy.

Baca juga: Kisah Turunnya Surat Yasin Ayat 8, Abu Jahal Gagal Celakai Rasulullah

Diam-Diam Menyimak Al-Quran
Pesona Al-Quran sebagai kitab suci sudah tersebar di kalangan kafir Quraisy. Mereka adalah orang-orang Arab yang mengerti bahasa Al-Quran. Pada awal-awal Al-Quran turun, mereka merasakan sebuah keajaiban saat mendengarkan bacaan Al-Quran dan selalu merasa ingin mendengarkannya.

Hal tersebut pernah terjadi pada diri Abu Jahal meskipun tidak sampai mengantarkannya kepada keimanan.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kisah #Kafir #Abu #Jahal #Mencuri #Dengar #Rasulullah #Membaca #AlQuran

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved