9 Peristiwa Bulan Rajab Terpopuler, Nomor 1 Paling Agung dan Bersejarah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

9 Peristiwa Bulan Rajab Terpopuler, Nomor 1 Paling Agung dan Bersejarah

Published

on

9 Peristiwa Bulan Rajab Terpopuler, Nomor 1 Paling Agung dan Bersejarah




loading…

Peristiwa di bulan Rajab perlu diketahui umat Islam agar tidak sekali-kali melupakan sejarah. Dari 9 peristiwa besar di Bulan Rajab, ada satu peristiwa paling agung dan bersejarah. Rajab termasuk bulan yang sangat istimewa dari 12 bulan yang ada dalam kalender Hijriyah. Bulan ketujuh Hijriyah ini tidak cuma dikenal sebagai Asyhurul Hurum (bulan-bulan haram), di dalamnya juga terdapat peristiwa penting yang erat kaitannya dengan peradaban Islam.

Baca Juga: Pandangan Ulama tentang Kemuliaan Rajab

Dilansir dari portal islami.co dan berbagai sumber, terhitung ada sembilan peristiwa besar di bulan Rajab. Sembilan peristiwa di bulan Rajab itu antara lain:

1. Isra Mi’raj Nabi Muhammad
Isra Mi’raj Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan persitiwa paling agung yang terjadi di bulan Rajab. Sebuah perjalanan yang dilakukan Rasulullah dari Masjid al-Haram di Makkah menuju Masjid Al-Aqsha di Palestina, kemudian naik ke langit ketujuh dan menghadap Allah Ta’ala. Peristiwa ini diabadikan dalam Al-Qur’an:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (Surat Al-Isra’ ayat 1)

Peristiwa penting ini terjadi pada malam 27 Rajab pada masa kenabian. Bagi umat Islam, Isra Mi’raj selalu diperingati karena di saat itulah turun perintah sholat 5 waktu.

2. Perubahan Arah Kiblat
Peristiwa penting lainnya adalah perubahan Kiblat umat Islam dari Baitul Maqdis (Masjid al-Aqsha) ke Ka’bah di Makkah. Peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab, setelah Rasulullah SAW Hijrah ke Madinah. Adapun hikmah dari perpindahan arah kiblat adalah untuk menguji keimanan umat Islam dalam beribadah kepada Allah.

3. Pertempuran Kecil yang Jadi Pemicu Perang Badar
Pada bulan Rajab terjadi perang kecil antara utusan Rasulullah SAW yang dipimpin Abdullah bin Jahsy, melawan kelompok dagang kaum kafir Quraisy. Perang kecil ini menjadi pemicu terjadinya perang Badar, perang umat Islam melawan kaum kafir Makkah.

4. Perang Tabuk dan Kekalahan Romawi
Pada bulan Rajab juga terjadi perang Tabuk dengan kekalahan bangsa Romawi pada 9 Hijriyah/630 M. Dalam Perang itu, Islam mendominasi seluruh semenanjung Arab waktu itu walaupun menempuh perjalanan jauh dari Madinah ke Syam.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Peristiwa #Bulan #Rajab #Terpopuler #Nomor #Paling #Agung #dan #Bersejarah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved