Amalan Sebelum Tidur agar Terhindar dari Mimpi Buruk dan Gangguan Jin – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Amalan Sebelum Tidur agar Terhindar dari Mimpi Buruk dan Gangguan Jin

Published

on

Amalan Sebelum Tidur agar Terhindar dari Mimpi Buruk dan Gangguan Jin




loading…

Amalan sebelum tidur ini hendaknya menjadi amalan yang bisa dilakukan rutin setiap hari oleh kaum muslim. Amalan dan doa sebelum istirahat malam ini, dapat menghindarkan dari mimpi buruk serta gangguan jin . Selain itu, amalan-amalan tersebut dapat membuat tidur kita lebih berpahala.Tidur sendiri merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala kepada hambaNya, untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Setiap orang pun memiliki beragam kebiasaan yang berbeda beda yang dilakukan sebelum tidur.

Baca juga: 4 Sunnah Rasul Sebelum Tidur, Nomor 1 Sering Diremehkan

Tentang amalan sebelum tidur ini, Islam telah memaparkannya dalam banyak riwayat baik dari Al Qur’an maupun As Sunnah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut amalan yang disunnahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan doa yang dapat dilakukan sebelum tidur agar terhindar dari mimpi buruk dan gangguan jin, antara lain:

1. Berwudhu.

Amalan sebelum tidur yang pertama ialah dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu, sebagaimana yang tertuang dalam hadis berikut:

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

2. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan Surat An-Naas.

Sebelum tidur angkat dan rapatkan tangan seperti hendak berdoa. Kemudian tiup dan baca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan Surat An-Naas masing-masing satu kali. Setelahnya usapkan telapak tangan ke seluruh tubuh yang mudah dijangkau, mulai dari kepala, wajah, tangan, hingga kaki. Lakukan hal tersebut selama tiga kali, sebagaimana dalam hadis HR. Bukhari.

3. Membaca Ayat Kursi.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Amalan #Sebelum #Tidur #agar #Terhindar #dari #Mimpi #Buruk #dan #Gangguan #Jin

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved