Amaliyah Bulan Rajab Lengkap Arab dan Bacaan Latin – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Amaliyah Bulan Rajab Lengkap Arab dan Bacaan Latin

Published

on

Amaliyah Bulan Rajab Lengkap Arab dan Bacaan Latin




loading…

Amaliyah bulan Rajab berikut sangat baik untuk diamalkan sebagaimana kebiasaan para ulama ahlussunnah waljamaah. Bagi yang ingin mendulang pahala Rajab, jangan sampai melewatkan amalan-amalan ini.Kata ulama, Rajab adalah bulan menanam kebaikan, Sya’ban bulan menyiram dan Ramadhan bulan memanen kebaikan. Jika dianalogikan, Rajab adalah bulan memperbanyak istighfar, Sya’ban bulan bersholawat dan Ramadhan bulan menghidupkan Al-Qur’an.

Baca Juga: 5 Keutamaan Bulan Rajab yang Jarang Diketahui

Rajab diambil dari kata Tarjiib (ترجيب) yang artinya mengagungkan atau memuliakan. Dinamakan Ashab (الأصب) karena rahmat Allah tercurah di bulan ini.

Berikut Amaliyah bulan Rajab yang dapat kita amalkan. Amalan ini bersumber dari berbagai Kitab Fadhilah Amal Salafus Sholeh.

1. Doa di Bulan Rajab
Doa bulan Rajab ini cukup masyhur. Isinya ringkas dan mudah dihafal.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَـعْبَانَ وَبَلِّـغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma Baariklanaa Fii Rojaba wa Sya’baana wa Ballighnaa Romadhon.

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami hingga bulan suci Ramadhan.” (HR Ahmad I/259, Al-Baihaqi, Al-Bazzar dan Ath-Thabrani)

2. Berpuasa di Bulan Rajab
Dalam Sunan Abu Dawud disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan berpuasa pada Asyhurul Hurum(bulan-bulan haram), dan Rajab termasuk Asyhurul hurum. Dalam riwayat Imam Muslim disebutkan:

ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Dahulu Rasulullah SAW berpuasa (pada bulan Rajab) sampai-sampai kami mengatakan Beliau tidak meninggalkannya, dan Beliau pernah meninggalkannya sampai kami mengatakan dia tidak pernah berpuasa (Rajab).” (HR Muslim No 1157)



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Amaliyah #Bulan #Rajab #Lengkap #Arab #dan #Bacaan #Latin

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved