Marhaban Ya Syahru Rajab, Ini Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Marhaban Ya Syahru Rajab, Ini Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan

Published

on

Marhaban Ya Syahru Rajab, Ini Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan



loading…

Marhaban Ya Syahru Rajab, selamat datang bulan mulia Rajab 1443 Hijriyah. Alhamdulillah, malam ini bakda Maghrib menurut hitungan kalender Hijriyah kita telah memasuki bulan yang diagungkan Allah, Selasa (1/2/2022).

Rajab termasuk Asyhurul Huruum (bulan-bulan haram), artinya diharamkan adanya peperangan. Keutamaan Rajab diterangkan dalam Hadis Nabi berikut:

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Jadi, empat bulan suci tersebut adalah (1) Dzulqo’dah; (2) Dzulhijjah; (3) Muharram; dan (4) Rajab. Rajab adalah bulan ke-7 dalam kalender Hijriyah dan dikenal sebagai Rajab bulan menanam kebaikan.

Keutamaan Rajab
Keistimewaan Rajab juga disebutkan dalam Al-Qur’an, Allah berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (QS At-Taubah: 36)

Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku. Bulan Rajab digambarkan sebagai bulannya memperbanyak istighfar.

1. Rajab adalah bulan menanam kebaikan
2. Sya’ban adalah bulan menyiram/memupuk kebaikan.
3. Ramadhan adalah bulan memanen kebaikan.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Marhaban #Syahru #Rajab #Ini #Keutamaan #dan #Amalan #yang #Dianjurkan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved