Fatwa Kontroversial Abu Nawas yang Bikin Baginda Murka – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Fatwa Kontroversial Abu Nawas yang Bikin Baginda Murka

Published

on

Fatwa Kontroversial Abu Nawas yang Bikin Baginda Murka



loading…

Khalifah Harun Al-Rasyid terkejut bukan kepalang tatkala mendengar kabar Abu Nawas sudah semakin ngawur. Bagaimana tidak ngawur, tokoh yang mulai banyak pengikutnya ini mengeluarkan fatwa sangat kontroversial. Dia bilang sholat itu tidak perlu ada rukuk dan sujud.

Sudah begitu Abu Nawas juga bilang Baginda menyukai fitnah. “Apa-apaan ini?” ujar Baginda Murka.

Baca juga: Abu Nawas Dianggap Gila karena Mencari Neraka di Siang Hari

Baginda menganggap Abu Nawas sudah berlaku sombong terhadap Allah SWT. Sama persis dengan setan yang menolak sujud kepada Adam. Hukuman yang pantas bagi orang seperti itu tentulah hukum mati.

Kadangkala Baginda menyesali di saat dirinya sudah sangat akrab dengan Abu Nawas, mengapa ia masih saja berlaku sembarangan.

Benar. Belakangan ini Baginda sudah amat akrab dengan Abu Nawas, sampai-sampai Abu Nawas memanggil dirinya bukan “baginda” lagi. Ia memanggil ‘saudaraku” atau “ya akhi”. Tanpa disadari hubungan yang mesra itu mengundang iri banyak pejabat istana.

Kini kesabaran Khalifah tak terbendung lagi ketika ia juga mendengar Abu Nawas mengatakan khalifah suka fitnah! “Abu Nawas layak dipancung karena melanggar syariat Islam dan menyebar fitnah,” begitu usul para pembantu Baginda yang selama ini memang benci Abu Nawas.

Khalifah pun terpancing. Untung ada seorang pembantunya yang memberi saran, hendaknya Khalifah melakukan tabayun (konfirmasi). “Jangan-jangan itu hanya hoaks, Baginda,” ujar sang pembantu mengingatkan.

Baca juga: Ketika Abu Nawas Membagi Manusia dalam 3 Tingkatan

Baginda pun memanggil Abu Nawas. “Hai Abu Nawas, benar kamu berfatwa dalam salat tidak perlu rukuk dan sujud?” tanya Khalifah dengan ketus.



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Fatwa #Kontroversial #Abu #Nawas #yang #Bikin #Baginda #Murka

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved