Sejarah Yatsrib Berganti Madinah, Kota yang Didoakan Rasulullah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Sejarah Yatsrib Berganti Madinah, Kota yang Didoakan Rasulullah

Published

on

Sejarah Yatsrib Berganti Madinah, Kota yang Didoakan Rasulullah



loading…

Madinah Al-Munawwarah yang berarti ‘kota bercahaya’ yang merupakan tempat bersejarah bagi umat Islam. Di kota ini terdapat Masjid Nabawi yang di arealnya terdapat makam penghulu alam semesta, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dulu, Kota Madinah bernama Yatsrib yang berasal dari nama Yatsrib bin Mahlail. Ia adalah keturunan raja-raja Amaliqah yang dahulu pernah berkuasa di kota itu. Setelah Rasulullah hijrah, beliau mengganti nama Yatsrib menjadi Madinah.

Dalam Sirah Nabawiyah disebutkan bahwa Yatsrib awalnya kering. Apabila musim panas suhunya melebihi panasnya Kota Makkah. Pada musim dingin suhunya sangat rendah. Banyak Sahabat Muhajirin tidak kuat dengan cuaca itu dan jatuh sakit. Mereka dilanda demam tinggi yang melemahkan tubuh. Sahabat seperti Abu Bakar, Bilal, dan Amir bin Fuhairah radhiyallahu ‘anhuma termasuk yang jatuh sakit.

Dikisahkan, saat sakit Abu Bakar sering berkata: “…..mati itu lebih dekat dari pada tali sepatu kita.”

Sementara itu, Bilal tidak suka berkata apa-apa jika sedang sakit. Namun, ketika sakitnya hilang, ia sering menangis karena merindukan Mekah sambil berkata: “Apakah aku dapat berjalan malam hari di lembah yang di sekelilingku ada pohon-pohon idzkir dan jalil (nama pohon yang banyak terdapat di Mekkah). Dan apakah pada suatu hari aku dapat sampai lagi ke tempat air Majinnah dan apakah dapat terlihat lagi olehku Gunung Syamah dan Gunung Thafil (dua buah gunung dekat k).”

Sama halnya Amir bin Fuhairah, jika menderita demam tinggi sering bersyair: “Sungguh aku mendapati mati sebelum merasakannya….”

Rasulullah amat prihatin dengan sakit beberapa sahabat akibat cuaca panas itu. Beliau juga mendengar keluhan-keluhan mereka. Rasulullah pun berdoa kepada Allah:

“Ya Allah, berikanlah kami rasa cinta pada Kota Madinah sebesar rasa cinta kami pada Mekkah, atau bahkan lebih! Ya Allah, berilah berkah pada pekerjaan kami untuk mencari nafkah, sehatkanlah Kota Madinah ini untuk kami, dan pindahkanlah panasnya ke tempat lain yang Engkau kehendaki.”

Allah mengabulkan doa Rasulullah dan memindahkan panas Kota Madinah ke Dusun Juhfah yang letaknya 82 mil dari Madinah.Selain berdoa dan mengatasi masalah cuaca, Rasulullah pun melakukan hal lain yang sangat indah agar kaum Muhajirin yang berasal dari Mekkah tumbuh rasa cintanya pada Madinah.

Saling Bersaudara
Suatu hari, Rasulullah mengumpulkan para sahabat Muhajirin dan Anshar (penduduk asli Madinah). Di hadapan mereka, beliau bersabda: “Hendaklah kalian bersaudara dalam agama Allah dua orang-dua orang.”



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Sejarah #Yatsrib #Berganti #Madinah #Kota #yang #Didoakan #Rasulullah

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved