Ketika Nabi SAW dan Abu Hurairah Diganggu – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Ketika Nabi SAW dan Abu Hurairah Diganggu

Published

on

Ketika Nabi SAW dan Abu Hurairah Diganggu



loading…

Hakekat hantu adalah jin yang menampakkan diri kepada manusia dalam rupa yang bukan aslinya. Suatu ketika Rasulullah SAW akan dibakar setan, di sisi lain Abu Hurairah digoda jin. Setan dan jin tersebut oleh banyak orang saat ini dikatakan sebagai hantu. Manusia dan jin sama-sama makhluk yang mendapatkan tugas syariat. Hanya saja, jin bisa melihat manusia sementara manusia tak bisa melihat jin.

Allah SWT berfirman,

يَا بَنِي آدَمَ لاَ يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُم مِّنَ الْجَنَّةِ يَنزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْءَاتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ تَرَوْنَهُمْ …

Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan, sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu-bapakmu dari surga; ia menanggalkan pakaiannya dari keduanya untuk memperlihatkan–kepada keduanya–‘auratnya. Sesungguhnya, iblis dan golongannya bisa melihat kamu dari suatu tempat yang (di sana) kamu tidak bisa melihat mereka.” ( Qs. Al-A’raf:27 )

Baca juga: Hati-hati Sifat Setan Ini, Seringkali Kita Tiru

Dan karena karakternya yang tidak bisa dilihat, mereka disebut jin, dari kata janna yang artinya tersembunyi. Ibnul Faris dalam kamusnya mengatakan: “Jin dinamakan jin, karena mereka tidak terlihat oleh manusia”. (Maqayis al-Lughah, madah; janna).

Jin juga bisa menjelma menjadi makhluk yang lain, sehingga bisa terindra oleh manusia. Baik dengan dilihat, didengar, atau diraba.

Kebanyakan manusia merasa sangat takut melihat penampakan jin, makhluk astral. Karena secara naluri, kita takut terhadap wajah buruk, mengerikan, dan menjijikkan.

Secara umum, jin yang menampakkan diri kepada manusia, ada yang bermaksud jahat dan ada yang sebatas iseng.

Terkadang setan itu datang dengan maksud jahat, misalnya ingin membunuh kita atau membakar kita. Kejadian semacam ini pernah dialami Nabi SAW.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved