Keutamaan Menangis Karena Allah Ta’ala – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Keutamaan Menangis Karena Allah Ta’ala

Published

on

Keutamaan Menangis Karena Allah Ta’ala



loading…

Menangis karena takut kepada Allâh Ta’ala ternyata ada keutamaan di dalamnya. Yakni akan mendorong seorang hamba untuk selalu istiqâmah di jalan-Nya, sehingga akan menjadi perisai dari api neraka.

Baca juga: Dahsyatnya Fadhillah Menangis karena Allah

Nabi Shallallâhu alaihi wa sallam bersabda:

“Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena takut kepada Allâh sampai air susu kembali ke dalam teteknya. Dan debu di jalan Allâh tidak akan berkumpul dengan asap neraka Jahannam”.(HR Imam at-Tirmidzi, hasan shahih).

Dalam hadis yang lain Nabi Muhammad Shallallâhu alaihi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya seorang Mukmin itu melihat dosa-dosanya seolah-olah dia berada di kaki sebuah gunung, dia khawatir gunung itu akan menimpanya. Sebaliknya, orang yang durhaka melihat dosa-dosanya seperti seekor lalat yang hinggap di atas hidungnya, dia mengusirnya dengan tangannya –begini-, maka lalat itu terbang”. (HR. at-Tirmidzi).

Baca juga: Milik Siapakah Mahar Pernikahan?

Dalam kitabnya ‘Tuhfatul Ahwadzi’, Ibnu Abi Jamrah rahimahullâh berkata bahwa karena hati seorang Mukmin itu diberi cahaya , maka apabila dia melihat pada dirinya ada sesuatu yang menyelisihi hatinya yang diberi cahaya, maka hal itu menjadi berat baginya.

Hikmah perumpamaan dengan gunung yaitu apabila musibah yang menimpa manusia itu selain runtuhnya gunung, maka masih ada kemungkinan mereka selamat dari musibah-musibah itu. Lain halnya dengan gunung, jika gunung runtuh dan menimpa seseorang, umumnya dia tidak akan selamat.

Baca juga: Hati-hati Sifat Setan Ini, Seringkali Kita Tiru



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved