Inilah Kelompok Yahudi yang Anti Zionis, Siapakah Mereka? – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Inilah Kelompok Yahudi yang Anti Zionis, Siapakah Mereka?

Published

on

Inilah Kelompok Yahudi yang Anti Zionis, Siapakah Mereka?



loading…

Yahudi yang anti Zionis mungkin terdengar asing dan tidak begitu populer. Tetapi faktanya, tidak semua orang Yahudi mendukung Zionis Israel dalam menduduki Palestina. Siapkah kelompok tersebut?

Kelompok Yahudi yang Anti Zionis ini adalah kelompok yang anti dengan kekerasan. Kelompok ini sering turun ke jalan menolak dan mengecam kekerasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Baca Juga: Yisroel Weiss, Rabi Yahudi yang Sebut Israel Monster

Yahudi yang Anti Zionis ini dikenal dengan kelompok Naturei Karta, yaitu kelompok minoritas Yahudi ortodoks Haredi yang didirikan pada tahun 1935. Menurut mereka, Zionisme adalah racun yang mengancam orang-orang Yahudi asli.

PadaJuni lalu (12/5/2021) lalu, kelompok Yahudi anti-Zionis ini menggelar unjuk rasa. Naturei Karta yang dipimpin tokoh utamanya Rabi Yisroel Dovid Weiss meneriakkan penolakan negara Israel. Dia menyebut negara Israel adalah monster yang harus dihapus dari peta dunia.

Rabi Weiss menjadi salah satu tokoh utama kelompok tersebut. “Zionisme adalah transformasi Yudaisme, dari agama, dari ketundukan kepada Tuhan, menjadi konsep material nasionalisme. Ini tidak bisa diterima oleh orang-orang yang ingin melayani Tuhan. Untuk menciptakan nasionalisme ini, mereka menyingkirkan Tuhan dari persamaan,” katanya kepada Russia Today, 24 Mei 2021 lalu.

Kelompok Neturei Karta percaya bahwa mereka mengikuti kitab suci mereka, dan bahwa meninggalkan Palestina adalah tindakan Tuhan. Orang-orang harus mengerti bahwa ada perbedaan mendasar antara seorang Israel dan seorang Yahudi.

“Tujuan (Zionis) adalah memiliki keadaan material mereka. Taurat mengatakan jangan mencuri, jadi setiap konsep Zionisme melanggar Taurat. Mereka tahu agama kami tidak meminta kami untuk mengangkat senjata dan mengambil alih tanah. Sebaliknya, kami dilarang,” papar Rabi Weiss.

Misi kelompok Neterei Karta tidak hanya untuk menyoroti perbedaan antara Zionisme dan Yudaisme. Mereka ingin melihat kehancuran Israel secara damai. Maklum, banyak yang melihat penghapusan negara dan 9,4 juta penduduknya sebagai konsep yang aneh. Negara Israel dibentuk pada tahun 1948 dan tahun berikutnya diterima di PBB.

Untuk diketahui, organisasi ini dalah kelompok religius dari Yahudi Haredi yang didirikan di Jerusalem. Yahudi Haredi adalah salah satu bagian dari agama Yahudi Ortodoks yang dicirikan dengan menolak segala jenis budaya sekular modern.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved