6 Sikap yang Harus Dijalankan Seorang Muslim Bila Terkena Musibah Sakit – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

6 Sikap yang Harus Dijalankan Seorang Muslim Bila Terkena Musibah Sakit

Published

on

6 Sikap yang Harus Dijalankan Seorang Muslim Bila Terkena Musibah Sakit



loading…

Syaikh Amin bin Abdullah asy-Syaqawi dalam tulisannya berjudul الإبتلاء بالمرض yang diterjemahkan Abu Umamah Arif Hidayatullah menyebut beberapa hikmah bagi orang yang mendapat musibah sakit.

Baca juga: Jangan Bersedih, Sakit Bisa Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat

Menurut dia, musibah ini bukan terjadi pada agamanya, karena musibah yang terjadi pada agamanya menuntun pelakunya pada adzab dan dosa. Kalau musibah yang dideritanya lebih ringan dan enteng dibanding dengan musibah yang menimpa orang lain, kalau sekiranya dirinya bertanya atau melihat pada orang sekelilingnya yang terkena penyakit tentu dirinya mendapati mereka lebih parah dari sakit yang dideritanya.

Seorang ulama salaf Syuraih mengatakan: ‘Tidaklah aku ditimpa sebuah musibah melainkan aku memujinya kepada Allah Ta’ala karena empat hal: Pertama, Allah Ta’ala masih memberi rizki pada saya kesabaran. Kedua, Allah Ta’ala memberi kemudahan untuk mengucapakn istirja’ ketika musibah tersebut menimpaku.

Ketiga, Allah Ta’ala tidak menjadikan musibah tersebut lebih besar darinya. Keempat, Allah Ta’ala tidak menjadikan musibah pada agama saya.

Dikeluarkan oleh Imam Muslim sebuah hadits dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved