5 Manfaat Menjaga Makan Menurut Imam Al-Ghazali – Bagyanews.com
Connect with us

IT

5 Manfaat Menjaga Makan Menurut Imam Al-Ghazali

Published

on

5 Manfaat Menjaga Makan Menurut Imam Al-Ghazali

[ad_1]

BagyaNews.com Dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din, beliau menjelaskan manfaat menjaga pola makan bagi kesehatan fisik, psikis dan spiritual seseorang.

Dalam kehidupan, satu dimensi kehidupan kita sangat terkait dengan dimensi lain yang berbeda. Kesehatan kita dipengaruhi gaya hidup kita sendiri. Gaya hidup yang salah bisa punya dampak buruk terhadap sisi kehidupan kita yang lain.

Misalnya, soal pola makan dan konsumsi sehari-hari. Jika dilakukan secara berlebihan, tanpa kontrol, makanan tersebut bisa berbalik menjadi bahaya bagi tubuh kita sendiri. Bukan menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

Tentang hal ini, Imam Al-Ghazali (w. 505 H.) telah menjelaskan persoalan ini seribu tahun lalu. Dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din, beliau menjelaskan manfaat menjaga pola makan bagi kesehatan fisik, psikis dan spiritual seseorang. Seseorang harus memperhatikan pola dan gaya makannya agar ia dapat sehat, secara jasmani dan rohani.

Dalam pembahasan tentang pentingnya mengendalikan keinginan (kasr  al-syahwatain), Al-Ghazali menulis sebagai berikut;

يستفيد من قلة الأكل صحة البدن ودفع الأمراض فإن سببها كثرة الأكل وحصول فضلة الأخلاط في المعدة والعروق ثم المرض يمنع من العبادات ويشوش القلب ويمنع من الذكر والفكر وينغص العيش ويحوج إلى القصد والحجامة والدواء والطبيب وكل ذلك يحتاج إلى مؤن ونفقات لا يخلو الإنسان منها بعد التعب عن أنواع من المعاصي واقتحام الشهوات وفي الجوع ما يمنع ذلك كله

Menjaga pola makan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat mencegah penyakit. Karena, penyakit disebabkan oleh banyaknya mengkonsumsi makanan dan timbulnya ‘zat’ berlebih di lambung dan urat. Penyakit dapat menghalangi seseorang beribadah serta mengganggu ketenangan hati. Penyakit mengganggu aktifitas zikir dan pikir. Penyakit menyusahkan hidup dan akan membutuhkan bekam, obat dan dokter. Semua itu membutuhkan biaya dan pengeluaran. Seseorang tidak akan tertimpa penyakit-penyakit itu kecuali setelah tubuhnya ‘lelah’ menjalani berbagai macam kemaksiatan dan menuruti semua keinginan. Laparnya perut dapat mencegah semua keburukan tersebut (3/87).

Sebagaimana diuraikan Al-Ghazali, sejatinya bagian-bagian kehidupan kita saling beresonansi dan terkoneksi. Pola konsumsi yang salah akan berdampak pada dimensi kesehatan fisik yang terganggu. Fisik yang sakit akan mempengaruhi ketenangan pikiran dan hati. Selanjutnya, fisik sakit akan berdampak pada terganggunya aktifitas kerohanian seseorang, seperti ibadah dan zikir kepada Allah. Dampak selanjutnya, penyakitnya harus disembuhkan dengan menyewa jasa dokter dan konsumsi obat-obatan. Hal ini, tentunya, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pengobatan modern hari ini semakin mahal dan semakin tak terjangkau. Terkadang orang harus menghabiskan kekayaannya untuk mendapatkan kembali kesehatannya. Habisnya kekayaan seseorang akan membuat kehidupannya semakin sulit. Berikut skema normal relasi antara kesehatan dan kehidupan seseorang;

Sampai di sini, menjaga kesehatan adalah sangat penting. Bukan hanya untuk kehidupan duniawi seseorang, tetapi juga untuk kehidupan kerohanian dan keagamaannya. Ibadahnya terganggu, zikirnya terganggu, pikirannya terganggu, ketenangannya terampas, rasa syukurnya hilang, dan lain sebagainya. Secara sederhana, dengan demikian, Al-Ghazali menyebutkan setidaknya 5 manfaat menjaga makan, yaitu (1) menyehatkan badan, (2) meringankan ibadah, (3) menenangkan hati, (4) melapangkan hidup (5) membuat kaya.

Demikian ulasan singkat tentang 5 manfaat menjaga makan menurut Imam Al-Ghazali. Imam Al-Ghazali melihat bahwa kesehatan seseorang sangat menentukan tingkat kesalehannya. Seharusnya, semakin sehat, seseorang dapat menjadi semakin saleh. Semakin banyak penyakit, semakin terganggu kesalehannya. Karena itu, kesehatan sejatinya sangat penting untuk mendukung terwujudnya pribadi yang saleh. Ia harus senantiasa dijaga. Karena itu, jaga makan-jaga kesalehan.

[ad_2]

Sumber Berita harakah.id

#Manfaat #Menjaga #Makan #Menurut #Imam #AlGhazali

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved