5 Kesalahan dalam Proses Ta’aruf, Nomor 1 Paling Fatal karena Dianggap Biasa – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

5 Kesalahan dalam Proses Ta’aruf, Nomor 1 Paling Fatal karena Dianggap Biasa

Published

on

5 Kesalahan dalam Proses Ta’aruf, Nomor 1 Paling Fatal karena Dianggap Biasa




loading…

Ta’aruf merupakan ikhtiar dalam mencari pasangan menuju proses pernikahan yang halal dalam Islam. Namun ternyata pada praktiknya, banyak kesalahan terjadi selama proses tersebut. Entah karena kurang pemahaman atau juga salah kaprah dalam melakukannya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kesalahan dalam ta’aruf yang sering kali ditemui dan dilakukan kaum muslimin, yakni:

1. Dianggap pacaran Islami.

Kesalahan pertama yang banyak terjadi ialah menganggap ta’aruf sebagai pacaran Islami. Inilah kesalahan paling fatal dalam proses taaruf. Tidak ada istilah pacaran dalam Islam. Sebaliknya, Islam justru melarang segala perbuatan yang biasa dilakukan orang berpacaran.

Baca juga: Hukum Tukar Foto Saat Taaruf dalam Pandangan Islam

Yakni bertemu pria dan wanita non mahram, berduaan, pergi bersama, berkomunikasi tanpa perantara, hingga bermesraan, berpegangan tangan, berpelukan, dan lain sebagainya. Tak sedikit muslimin yang menganggap dibolehkannya pacaran Islami, yakni pacaran tanpa bersentuhan, tidak berduaan di tempat sepi, dan lain sebagainya. Namun mereka tetap bertemu, berkomunikasi, pergi bersama, saling memandang, memikirkan pasangan, jatuh hati, dan lain sebagainya.

Padahal telah jelas dalil larangan mendekati zina. Saking beratnya dosa zina, Allah pun melarang segala hal berkaitan zina, meski sekadar mendekatinya dan tidak melakukannya.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَا تَقۡرَبُوا الزِّنٰٓى اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً  ؕ وَسَآءَ سَبِيۡلًا

“Dan janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra’: 32).

Dalil lain, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kesalahan #dalam #Proses #Taaruf #Nomor #Paling #Fatal #karena #Dianggap #Biasa

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved