Kembangkan Ekosistem AI, Indonesia-AS Bahas Kerja Sama Tata Kelola AI – Bagyanews.com
Connect with us

IT

Kembangkan Ekosistem AI, Indonesia-AS Bahas Kerja Sama Tata Kelola AI

Published

on

[ad_1]


BagyaNews.com – Pemerintah Republik Indonesia dan Amerika Serikat (AS) membahas rencana kerja sama tata kelola dan pengembangan teknologi kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligence (AI) sebagai bagian dari upaya mengembangkan ekosistem AI di Tanah Air.

“Hari ini saya melakukan bilateral meeting dengan Dr Seth Center dari Amerika Serikat selaku US Acting Special Envoy for Critical and Emerging Technology. Kita bicara bagaimana Tata Kelola AI yang sedang berlangsung di Amerika dan sejumlah persoalan Tata Kelola kecerdasan buatan secara global,” ujar Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria, dalam keterangannya terkait Forum Global UNESCO tentang Etika AI di Brdo Congress Centre, Slovenia, pada Senin (05/02/2024).

Nezar mengatakan, komitmen Indonesia dalam mengembangkan teknologi AI memerlukan dukungan kerja sama dengan negara besar seperti AS.

Dalam memeroleh dukungan untuk meningkatkan transfer pengetahuan dan ketrampilan tersebut, Indonesia memanfaatkan event-event internasional, termasuk Forum Global UNESCO ini.

“Saya kira ini kesempatan yang baik juga untuk mempertajam, memperkuat, dan mendorong lebih maju lagi transfer pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan AI ini dengan negara-negara besar seperti Amerika,” jelasnya.

Menurut Wamenkominfo, Indonesia dan AS telah menjalin hubungan kerja sama erat di bidang digital dalam beberapa tahun terakhir.

Diantaranya adalah kerja sama mengenai pengembangan sumberdaya manusia atau talenta digital dalam program Digital talent Scholarship (DTS).

“Kominfo sudah ada Program Digital Talent Scholarship yang bekerjasama dengan sejumlah universitas di Amerika Serikat. Diantaranya dengan Stanford University, Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dan Harvard University,” tuturnya.

Sekedar informasi, Program DTS merupakan salah satu pelatihan unggulan Kementerian Kominfo untuk melatih kemampuan dan pengembangan kompetensi talenta digital di level intermediate.

Program yang dirilis pada 2018 ini ditargetkan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era Industri 4.0, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi.

Dalam Program DTS terdapat Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Thematic Academy, Professional Academy, Government Transformation Academy, Digital Entrepreneurship Academy, Talent Scouting Academy (TSA).



[ad_2]

Sumber Berita telegraf.co.id

#Kembangkan #Ekosistem #IndonesiaAS #Bahas #Kerja #Sama #Tata #Kelola

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved