Festival Duren Bagya di Bandung Barat Mendorong Buah Lokal Lebih Dicintai Masyarakat – Bagyanews.com
Connect with us

IT

Festival Duren Bagya di Bandung Barat Mendorong Buah Lokal Lebih Dicintai Masyarakat

Published

on

BagyaNews.com – Festival Duren Bagya di Bale Pare, Kota Baru Parahiyangan, Kabupaten Bandung Barat Mendorong Buah Lokal Lebih Dicintai Masyarakat. Ditemui dilokasi acara, Direktur BUMN Pupuk Pangan Indonesia (PIP), Ir Budiono,MM mengatakan bahwa Ia termasuk orang yang sangat bangga menyaksikan festival buah lokal ini.

Menurut Budiono, festival buah lokal ini sebagai ajang mempromosikan dan membiasakan masyarakat kita untuk mengkonsumsi buah lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan buah impor.

“Buah lokal ini harus bisa jadi tuan di negeri kita sendiri, dengan begitu maka kita bisa memastikan kesinambungan dan kesejahteraan semua pihak terkait, seperti petani dan budidaya yang berada dalam rangkai pasok buah lokal,” kata Budiono.

Selain itu Dikatakan, bahwa dengan berhasilnya memasarkan buah lokal secara luas, makan secara otomatis telah membantu pemerintah dalam mengelola devisa negara agar perputaran uang bisa dipegang oleh negeri ini seperti apa yang disampaikan presiden Jokowi.

Kedepan harapan Budiono, semoga buah lokal bisa dipasarkan dalam festival skala internasional. Misalnya dengan memilih tempat – tempat strategis, seprti di Bali. Kenapa Bali? karena disana banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

“Sehingga wisatawan dari mancanegara yang datang ke Bali bisa disuguhkan dengan buah-buah lokal khas Indonesia yang kualitasnya pun bisa bersaing dengan buah impor,” ungkapnya.

Sementara itu, Erick Rahman Saleh, Pelaku Usaha Buah Segar dan Sayur Segar Nusantara menyampaikan, bahwa Produk-produk buah lokal selama ini terpinggirkan oleh produk buah impor, oleh karena itu dengan festival buah lokal karena buah lokal tidak kalah kualitasnya dengan impor.

Dukungan juga datang dari Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, Dikatakan Hengki, bahwa event festival seperti ini menciptakan suasana bahagia bagi masyarakat sehingga perlu terus didukung.

“Terutama dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat pasca dilanda Covid 19 selama 2 tahun lebih, maka event ini konkret mendorong buah lokal dari petani dan umkm Indonesia untuk bangkit dan berkembang,” papar Hengki, Minggu 09 Oktober 2022.

Bahkan Dikatakan Hengki, di Kabupaten Bandung Barat yang Ia pimpin telah dikeluarkan instruksi bupati, untuk membantu para petani agar setiap ASN TPP nya 5 persen harus digunakan untuk belanja produk petani dan UMKM, sebagai upaya konkret membantu petani dan pelaku UMKM di Bandung Barat tumbuh subur.

Pada festival Duren Bagya yang digelar Minggu 09 Oktober di Bale Pare, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten bandung Barat ini juga mempromosikan jeruk sunkis Indonesia dan Aneka macam Kopi dari seluruh daerah di Indonesia. (Beni Hendriana/TOPMEDIA)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved