Waktunya Memperbanyak Baca Al-Qur’an, Jangan Lupa Perhatikan Adab-adabnya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Waktunya Memperbanyak Baca Al-Qur’an, Jangan Lupa Perhatikan Adab-adabnya

Published

on

[ad_1]


loading…

Salah satu amalan di bulan Syaban ini, adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an . Namun, ketika mengamalkannya jangan lupa memperhatikan adab-adab ketika membaca Kitabullah tersebut. Mengapa harus memperhatikan adab ketika sedang membaca Al-Qur’an? Karena, Al-Qur’an tidaklah memberi manfaat dan mendatangkan rida Allah kecuali jika seorang muslim dalam membaca atau mendengar bacaan Al-Qur’an memperhatikan adab-adabnya. Membaca Al-Qur’an sendiri memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah Allah subhanahu wata’ala mengganjar seseorang yang membaca Al-Qur’an setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.

Baca juga: Alasan Mengapa Al-Qur’an Dibaca dengan Suara Merdu dan Indah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan. Tiap satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alim lam mim’ satu huruf, tapi alim satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi No. 2910. At-Tirmidzi berkata bahwa hadits ini hasan shahih gharib)

Seperti dilansir laman dakwah.id, adab-adab dalam membaca Al-Qur’an dibagi dua; adab-adab yang berkaitan dengan hati dan adab-adab yang berkaitan dengan anggota badan. Berikut penjelasnnya:

A. Adab Membaca Al-Qur’an yang Berkaitan dengan Hati

1. Ikhlas karena Allah semata

Membaca Al-Quran merupakan salah satu bentuk ibadah. Sedangkan ibadah tidak akan diterima, kecuali jika dikerjakan dengan ikhlas. Ikhlas adalah fondasinya suatu ibadah.

Allah subhanahu wata’ala berfirman,

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Waktunya #Memperbanyak #Baca #AlQuran #Jangan #Lupa #Perhatikan #Adabadabnya

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved