Connect with us

Ibadah

Teks Khutbah Idul Fitri 2021: Hikmah di Balik Wabah Corona di Bulan Ramadhan

Published

on


Teks Khutbah Idul Fitri pertama: Hikmah di balik Wabah Corona

الله أَكبَرُ ٩x لاإله إلا الله الله أَكبَرُ، الله أَكبَرُ ولله الحمد

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي وَفَّقَ بِرَحْمَتِهِ مَنْ شَاءَ مِنْ عِبَادِهِ، فَعَرَفُوْا أَقْدَارَ مَوَاسِمِ الْخَيْرَاتِ، وَعَمَّرُوْهَا بِالْإِكْثَارِ مِنَ الطَّاعَاتِ، وَخَدَلَ مَنْ شَاءَ بِحِكْمَتِهِ، فَعَمِيَتْ مِنْهُمُ الْقُلُوْبُ وَالْبَصَائِرُ، وَفَرَطُوْا فِى تِلْكَ الْمَوَاسِمِ فَبَاءُوْا بِالْخَسَائِرِ.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَقْوَمُ النَّاسِ بِطَاعَةِ رَبِّهِ فِى الْبَوَاطِنِ وَالظَّوَاهِرِ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا، أَمَّا بَعْدُ،

فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ حَفِظَكُمُ اللهُ، أُوْصِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بَتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُوْنَ.

Hadirin, jama’ah shalat Idul Fitri yang dimuliakan oleh Allah ta’ala.

Ucapan syukur marilah kita haturkan kepada Allah SWT, Dzat yang telah melimpahkan nikmat karunia-Nya. Shalawat dan salam semoga tersanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, utusan yang membawa rahmat bagi alam semesta.

Melalui mimbar yang mulia ini, melalui mimbar khutbah idul fitri ini, khatib berwasiat kepada diri kami pribadi, dan umumnya kepada jama’ah kesemuanya untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah ta’ala. Dengan cara menjalankan perintah-Nya, serta menjahui larangan-Nya.

Allahu akbar walillahil hamd.  Hadirin, sidang Idul Fitri hafidhakumullah.

Bulan Ramadhan telah usai, selama tiga puluh hari kita menjalankan puasa dengan keadaan yang tak seperti biasanya. Jika biasanya kita bisa tarawih di masjid, silaturrahim bersama sanak keluarga, buka bersama dan lain sebagainya, kali ini, selama tiga puluh hari dalam bulan Ramadhan tahun ini kita tidak bisa melakukan semua itu.

Kita tentu ingin sekali shalat tarawih di masjid, beribadah bersama sanak keluarga, tapi apa daya, ada satu bahaya yang perlu kita cegah bersama, bahaya yang tak bisa kita lihat dengan mata telanjang, kita hanya bisa melakukan pencegahan dengan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh para ahli medis.

Hadirin sidang idul fitri yang dimuliakan oleh Allah

Suatu hari Rasulullah SAW didatangi seorang Badui dengan membawa unta. Saat sampai di depan masjid Nabawi, unta tersebut dibiarkan begitu saja dan tidak diikat. Melihat perilaku orang Badui tersebut, Nabi kemudian memintanya untuk mengikat untanya terlebih dahulu.

Bukan malah mengindahkan ucapan Nabi, si Badui itu kemudian menjawab, “Aku sudah bertawakkal kepada Allah SWT, wahai Nabi.”

Mendengar pernyataan Badui tersebut, Rasulullah SAW kemudian bersabda,

إعقلها ثم توكل علي الله

Ikatlah terlebih dahulu unta itu, baru kemudian engkau bertawakkal kepada Allah SWT.” (H.R at-Tirmidzi)

Sabda Rasulullah SAW kepada Badui tersebut menunjukkan bahwa bertawakkal kepada Allah SWT tidak boleh dengan ‘tangan kosong’ alias tanpa usaha. Rasulullah SAW dalam sabdanya tersebut menekankan bahwa tawakkal tanpa usaha bisa jadi hal yang sia-sia.

Di tengah wabah Corona yang melanda hampir semua negara ini, tiada hal lain yang dapat kita ambil selain pelajaran yang begitu berharga, yaitu pelajaran berharga terkait makna tawakkal yang sebenar-benarnya.

Kisah unta di atas juga dapat menjadi pembelajaran bagi kita bahwa tawakkal kepada Allah dalam konteks wabah Corona saat ini tidak akan berarti apa-apa tanpa campur tangan kita sendiri, usaha kita untuk hidup sehat dan bebas dari penyakit.

Dalam Al-Quran, surat ar-Ra’ad ayat 11 juga disebutkan bahwa semua hal tidak bisa terjadi, termasuk dalam hal tertular Corona, jika kita tidak berusaha untuk merubah dan mencegah agar kita tidak tertular.

إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah SWT tidak akan merubah suatu kaum tanpa usaha dari mereka untuk melakukan perubahan itu sendiri.” (Surat al-Ra’d ayat 11)

Apa artinya, jika kita hanya bertawakkal saja, tanpa berusaha untuk mencegah agar tidak tertular, tidak mendengar anjuran pemerintah, tidak mendengar anjuran dokter dan para ahli medis, maka kita juga bisa tertular. Karena kita tidak ada usaha untuk mencegahnya. Kita tidak ada keinginan untuk melakukan hal yang merupakan bagian dari yughayyiru ma bi anfusihim.

Jika kita tertular virus ini karena egoisme kita, maka kita juga akan berpotensi menularkan virus ini kepada banyak orang, kepada keluarga kita, kepada anak kita, kepada istri kita, kepada tetangga kita, kepada karyawan kita, juga kepada orang-orang yang kita sayangi.

Betapa zalimnya kita atas sikap egoisme kita, atas sikap sok tahu kita, sehingga membuat orang lain yang tidak salah apa-apa mendapatkan masalah, apalagi jika orang yang tertular karena perilaku ceroboh kita tersebut meninggal, padahal ia memiliki tanggungan anak dan istri, sedangkan keluarganya tidak mampu, siapa yang akan memikirkan nasib keluarganya? Mungkin selama ini, kita tidak berfikir sampai ke sana, namun mau tidak mau, itulah hal yang terjadi jika kita hanya tawakkal dan dengan sombongnya tidak dibarengi dengan ikhtiyar.

Inilah pembelajaran pertama dari wabah Corona, kita mempelajari secara langsung makna dan hakikat dari tawakkal, dengan praktek dan live action. Bukan hanya sekedar teori dan pembahasan saja, tapi juga langsung kita praktekkan dalam mencegah

Allahu akbar walillahil hamd. Hadirin, sidang Idul Fitri hafidhakumullah.

Pembelajaran kedua yang bisa kita ambil dari wabah Corona ini adalah kita semakin dekat dengan keluarga kita di rumah, karena kewajiban social distancing. Para pekerja yang biasanya setiap hari berangkat sebelum anak tidur, dan pulang setelah anak tidur, kini bisa menemani mereka dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Selain itu, kita juga bisa menambah ibadah di rumah. Jika selama ini ibadah kita hanya kita laksanakan di masjid saat shalat fardhu saja, kita bisa laksanakan ibadah fardhu, sekaligus ibadah sunnah di rumah. Hal ini agar rumah kita selalu bercahaya dan terang, tidak kosong dan hampa seperti kuburan.

Ada beberapa ibadah sunnah yang bisa kita laksanakan di rumah. Yang pertama adalah shalat sunnah.

Dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi misalnya  dijelaskan bahwa Rasul pernah meminta para sahabat untuk mengerjakan shalat sunah setelah maghrib (ba’diyah maghrib) di rumah.

عن سعدِ بن إسحاقَ بن كَعْبِ بن عُجْرَةَ عن أبيهِ عن جَدّهِ قال: “صَلّى النبيّ صلى الله عليه وسلم في مَسْجِدِ بَني عبدِ الأشْهَلِ المغْرِبَ فَقَامَ نَاسٌ يَتَنَفّلُونَ، فقَال النبيّ صلى الله عليه وسلم: عَلَيكُمْ بهَذِهِ الصّلاة في البُيُوتِ

“Dari Said bin Ishaq bin Kaab bin ‘Ujrah dari ayahnya dari kakeknya berkata bahwa ketika Rasulullah selesai melakukan shalat maghrib di masjid Bani Abdil Ashal, beberapa orang kemudian melakukan shalat sunah. Kemudian Rasul Saw bersabda, ‘Lakukanlah shalat ini di rumah-rumah kalian,’ (H.R At-Tirmidzi)

Hadis tersebut dimasukkan At-Tirmidzi dalam bab “Ma dzakara fis Shalah ba’dal maghrib fil bait afdhal” (Bab yang menjelaskan keutamaan shalat ba‘diyah maghrib di rumah). Dari tarjamatul bab yang dibuat oleh At-Tirmidzi tersebut menunjukkan bahwa At-Tirmidzi menggunakan hadis ini sebagai landasan kesunahan melakukan shalat sunah setelah maghrib di rumah.

Dalam riwayat lain juga dijelaskan terkait keutamaan melakukan shalat sunah secara umum di rumah.

عن زيد بن ثابت ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : أفضل صلاتكم في بيوتكم إلا المكتوبة.

Dari Zaid bin Tsabit, dari Rasulullah SAW bersabda, ‘Shalat yang paling utama adalah di rumah kalian kecuali shalat maktubah (shalat fardhu),’” (HR Bukhari dan Tirmidzi).

Bahkan dalam kitab Syamail At-Tirmidzi juga dijelaskan bahwa walaupun rumah Rasulullah dekat dengan masjid, Rasulullah lebih memilih shalat sunah di rumah. Rasulullah juga mengingatkan agar kita tidak menjadikan rumah kita seperti kuburan yang tidak pernah digunakan untuk shalat. Hal ini disebutkan dalam hadits riwayat Aisyah dalam Musnad Ahmad.

صَلُّوا فِي بُيُوتِكُمْ وَلَا تَجْعَلُوْهَا عَلَيْكُمْ قُبُوْرًا

“Shalatlah kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan.

Kedua, membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran di rumah akan membuat rumah menjadi terang bercahaya. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa rumah yang dibacakan Al-Quran akan terlihat terang oleh ‘penghuni langit’ sebagaimana terangnya bintang jika dilihat dari bumi.

الْبَيْتُ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ الْقُرْآنُ يتراءى لِأَهْلِ السَّمَاءِ، كَمَا تتراءى النُّجُومُ لِأَهْلِ الْأَرْضِ

“Sesungguhnya rumah yang digunakan untuk membaca Al-Qur’an akan terlihat terang dan bersinar oleh para penduduk langit sebagaimana penduduk bumi melihat terangnya bintang-bintang di langit”. (H.R al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

Walaupun hadis ini statusnya daif karena ada perawi bernama Ibnu Lahi’ah, yang di akhir umurnya banyak lupa karena kitab-kitabnya terbakar, namun hadis ini masih tetap bisa diamalkan karena berkaitan dengan fadhail amal.

Ketiga, berdzikir kepada Allah SWT. Rasulullah SAW mengingatkan kepada para umatnya bahwa rumah yang senantiasa digunakan untuk tempat berdzikir akan lebih utama daripada rumah yang jarang digunakan untuk dzikir.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahih Muslim dari jalur Abu Musa disebutkan,

عَنْ أَبِي مُوسَى ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : مَثَلُ الْبَيْتِ الَّذِي يُذْكَرُ اللَّهُ فِيهِ ، وَالْبَيْتِ الَّذِي لَا يُذْكَرُ اللَّهُ فِيهِ ، مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

“Dari Abu Musa, Rasulullah SAW bersabda, Perbedaan rumah yang selalu digunakan untuk berdzikir kepada Allah SWT dan rumah yang tidak digunakan untuk berdzikir adalah seperti perbedaan orang yang hidup dengan orang yang mati.” (H.R Muslim)

Allahu akbar walillahil hamd. Hadirin, sidang Idul Fitri hafidhakumullah.

Pembelajaran yang ketiga adalah kita memahami kebesaran Allah. Kita juga bisa mengerti bahwa kekuasaan Allah SWT sungguh besar. Negara adidaya kedua setelah Amerika, Cina pun tumbang setelah Corona mewabah di Wuhan. Sebesar apapun kekuasaan makhluk Allah SWT tidak ada yang lebih besar melebihi kekuasaannya.

Oleh karena itu, mari kita sama-sama introspeksi diri. Allah selalu memiliki alasan untuk menguji para hamba-Nya. Hamba yang bertakwa akan selalu lulus menghadapi ujian-Nya, namun sebaliknya, hamba yang tidak bertakwa pasti akan gagal menghadapi ujian-Nya.

Mungkin dengan adanya wabah Corona ini, banyak orang yang dirugikan, seperti penghasilan dan ekonomi kita menurun, namun percayalah, akan ada cahaya terang menunggu kita, kita yang mampu menghadapi semua ini dengan sabar ikhlas dan ikhtiyar sekuat tenaga, serta dibarengi dengan tauhid, menyerahkan semuanya kepada Dzat Pengatur Alam, Allah SWT.

Di penghujung Ramadhan tahun ini, kita bisa melihat dan bermuhasabah. Sejauh mana ketaatan dan ibadah kita di tengah pandemi covid-19 ini. Orang yang berhasil adalah orang yang berhasil bertahan dengan goncangan dari wabah dan terus melakukan ibadah kepada Allah SWT di rumah. Sebaliknya, jika kita malah jauh kepada Allah saat ada wabah Corona ini, atau jika kita malah berleha-leha dan tidak mau beribadah pada masa Ramadhan karena masjid tutup, berarti kita termasuk golongan yang merugi.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kesempatan untuk terus beribadah kepada Allah SWT, berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi hingga wabah ini berakhir. Semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya. Amin ya rabbal ‘alamin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْم.

***

Teks Khutbah Idul Fitri kedua

الله أَكبَرُ 7x لاإله إلا الله الله أَكبَرُ، الله أَكبَرُ ولله الحمد

اَلْحَمْدُ للهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ لله وَحْدَه لاَشَرِيْكَ لَهُ، اِرْغَامًا لِمَنْ جَحَدَ بِهِ وَكَفَرَ، وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ اْلاِنْسِ وَالْبَشَرِ، اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، اَمَّا بعْدُ.

فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوْا الله تَعَالىَ وَذَرُوْا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ وَمَا بَطَنَ وَحَافِظُوْا عَلىَ الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاً عَلِيْمًا إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ أيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا، اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلىَ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ في ِالْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اَللّهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ سَيِّدِنَا أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ سَائِرِ أَصْحَابِ نَبِيِّكَ أَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ وَتَابِعِى التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا وَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ، اَللّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالزِّنَا وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ وَسُوْءَ الْفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِبَلاَدِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ الله إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمِ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُاللهِ اَكْبَرُ.

teks Khutbah idul fitri corona, teks Khutbah idul fitri corona, teks Khutbah idul fitri corona, 



Sumber Berita

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ibadah

Khutbah Jumat: Para Sahabat Nabi Ternyata Kaya Raya dan Giat Bekerja

Published

on

By


Semangat zuhud bukan berarti tidak mau bekerja dan tidak boleh kaya raya. Para sahabat buktinya ada yang giat bekerja dan kaya raya. Tapi tidak menjadikan dunia dalam hatinya.

Khutbah Jumat I: Para Sahabat Nabi Ternyata Kaya Raya dan Giat Bekerja

الحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ جَعَلَ التّقْوَى خَيْرَ الزَّادِ وَاللِّبَاسِ وَأَمَرَنَا أَنْ نتَزَوَّدَ بِهَ لِيوْم الحِسَابِ وَبِالْعِبَادَةِ لَهُ إِظْهَارًا لِلشُّكْرِ عَلى جَمِيْعِ الْمَصَالِحِ وَالْمَنَافِعِ الّتِي خَلَقَهَا لِجَمِيْعِ عِبَادِهِ. اَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ رَبُّ النَّاسِ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا حَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ المَوْصُوْفُ بِأَكْمَلِ صِفَاتِ النَّاسِ وَالْمُصْطَفَى لِإِرْشَادِ أُمَّتِهِ لِمَا يَرْضَاه رَبُّهُ. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أجمعين وسَلّمْ تَسليمًا كَثِيرًا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

Hadirin sidang Jumat Hafidzakumullah!

Ada informasi menarik yang disampaikan al-Mas’udi dalam kitabnya Muruj al-Dzahab terkait harta kekayaan para sahabat Rasulullah SAW. Zubair bin Al-Awaam paska wafatnya meninggalkan 59. 800.000 dirham. Dan konon katanya, beliau memiliki seribu budak, seribu kuda, sebelas rumah megah, ratusan hektar tanah dan perkebunan yang tersebar di Madinah, Basrah, Kufah, Fustat dan Iskandariyah. Selain itu, beliau juga seorang saudagar.

Abdurrahman bin Auf, awal berhijrah ke Madinah tidak memiliki harta sepeserpun. Namun tak lama kemudian, beliau menjadi orang paling kaya se-Madinah. Menjelang akhir hidupnya, beliau mewasiatkan agar sebagian hartanya dibagikan kepada 100 ahli Badar yang masih hidup. Masing-masing mendapat jatah 400 dinar. Selain itu, beliau juga memiliki seribu budak yang telah dibebaskan, seribu onta, seratus kuda, tiga ribu domba yang digembalakan di Baqi’.

Zaid bin Tsabit meninggalkan 300 ribu dinar serta ratusan ton emas dan perak. Ibnu Mas’ud, selain memiliki 50 budak dan hewan ternak, meninggalkan 9 ribu ton (mitsqal) emas dan beberapa rumah megah di pelosok-pelosok Irak. Al-Khabab bin al-Irts, sahabat Rasul SAW yang terkenal miskin, di akhir hidupnya mewasiatkan untuk membagi-bagi sisa hartanya yang berjumlah 40 ribu dinar.

Hadirin sidang Jumat Hafidzakumullah!

Fakta ini menunjukan bahwa para sahabat adalah orang-orang kaya. Kekayaan tersebut tentu didapatkan bukan dengan bermalas-malasan dalam bekerja. Mereka memiliki etos kerja yang professional dengan hasil yang bermutu tinggi. Ini dapat dilihat dari harta kekayaan mereka yang melimpah. Saking melimpahnya harta kekayaan mereka dan terbiasa dengan kemewahan bahkan sampai-sampai ada sahabat yang gatal-gatal ketika memakai kain biasa. Karena itu Ia meminta izin kepada Rasul untuk memakai kain sutera agar tidak gatal. Lantas rasul pun mengizinkannya. Nama sahabat itu tak lain adalah Abdurrahman bin Auf, seorang sahabat terkaya di Madinah.

Namun, kekayaan mereka tidak lantas membuat mereka lupa akan akhirat. Mereka hidup zuhud. Ali bin Abi Thalib menjelaskan bahwa “Zuhud tersimpul dalam dua kalimat dalam Alquran, supaya kamu tidak bersedih karena apa yang lepas dari tanganmu dan tidak bangga dengan apa yang diberikan kepadamu (QS 57:23). Orang yang tidak bersedih karena kehilangan sesuatu darinya dan tidak bersuka ria karena apa yang dimilikinya, itulah orang yang zuhud.” Dari tafsir yang dikemukakan Ali bin Abi Thalib tersebut, kita dapat melihat dua ciri orang yang zuhud dalam pandangan Allah.

Pertama, “zahid tidak menggantungkan kebahagiaan hidupnya pada apa yang dimilikinya.” Zuhud adalah pola hidup menjadi. Zahid tidak memperoleh kebahagiaan dari pemilikan. Para sahabat Rasul SAW tidaklah membuang semua yang dimilikinya, tetapi mereka menggunakan semuanya itu untuk mengembangkan dirinya. Kebahagiannya tidak terletak pada benda-benda mati, tetapi pada peningkatan kualitas hidupnya.

Kedua, “Kebahagiaan seorang zahid tidak lagi terletak pada hal-hal yang duniawi, tetapi pada dataran ruhani.” Kedewasaan kepribadian jiwa kita terletak pada sejauh mana kecenderungan kita pada hal-hal yang ruhani. Makin tinggi tingkat kepribadian kita, makin ruhani sifat kesenangannya. Dua prinsip inilah yang dipegang para sahabat, sehingga mereka masih tetap bekerja dan ada yang kaya raya.

Hadirin sidang Jumat Hafidzakumullah!

Al-Ghazali menegaskan zuhud itu menghilangkan keterikatan hati dengan dunia, namun bukan berarti menghilangkannya. As-Syadzili, pendiri tarikat sufi As-Syadziliyah, dalam setiap doanya selalu meminta kepada Allah, “Ya Allah luaskanlah rizkiku di dunia dan janganlah ia mengahalangiku dari akhirat, jadikanlah hartaku pada genggaman tanganku dan jangan sampai ia menguasai hatiku.”

Hadirin sidang Jumat Hafidzakumullah!

Kembali kepada etos kerja dan  semangat untuk hidup zuhud seperti yang kita perbincangkan tadi, poin yang penting untuk saya sampaikan di sini ialah bahwa apapun yang kita lakukan di dunia ini haruslah dilandasi kepada sesuatu yang nilainya sakral, yaitu Allah SWT, Tuhan kita. Dengan semangat ini, amalan duniawi apapun, mencari rizki apapun tentu, semangatnya karena Allah SWT. Dari sinilah, seorang muslim harus beretos kerja berlandaskan kepada semangat karena Allah SWT.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَآئِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

 

Khutbah Jumat II: Para Sahabat Nabi Ternyata Kaya Raya dan Giat Bekerja

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ، وَأَحُثُّكُمْ عَلَى طَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحًمُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ اْلقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ. صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ وَصَدَقَ رَسُوْلُهُ النَّبِيُّ الْكَرِيْمُ وَنَحْنُ عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ وَالشَّاكِرِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْياَءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَقَاضِيَ الْحَاجَاتِ. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار. عِبَادَ اللهِ! إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ، فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ  وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Baca juga teks khutbah Jumat yang lain di sini.



Sumber Berita

Continue Reading

Ibadah

Sering Lupa? Biasakan Baca Shalawat Ini

Published

on

By


Lupa memang tabiat manusia. Tidak ada orang yang tidak pernah lupa. Sesekali lupa masih bisa ditolerir. Tapi kalau lupa terus-menerus dan keseringan ini bisa menjadi masalah. Apalagi kalau berurusan dengan orang lain. Kalau suka lupa, baiknya tidak mendiamkan dan membiarkan, tapi berusaha untuk mencari solusi agar lupa tidak keterusan. Misalnya, membuat catatan pekerjaan, janji, dan urusan penting lainnya.

Sayyid Ahmad bin Idris memberikan solusi bagi orang yang suka lupa. Di antara solusi yang beliau berikan adalah dengan memperbanyak baca shalawat. Namanya shalawat Mudzhib al-Nisyan, penghilang lupa. Shalawat ini dibaca sehari sebanyak 100x. Keterangan ini terdapat dalam Miftahu Mafatihis Samawati wal Ardhil Makhzunahkarya Syekh Shalih al-Ja’fari. Redakasi shalawatnya sebagai berikut:

اللهم صل وسلم وبارك على مولانا محمد وعلى آله النور المذهب للنسيان بنوره في كل لمحة ونفس وعدد ما وسعه علم الله

Allohumma sholli wa sallim wa barik ‘ala mawlana muhammadin wa ‘ala alihii al-nuril mudzhibi lin nisyani binurihi fi kulli lamhatin wa nafasin ‘adada ma wasi’ahu ‘ilmullah.

Artinya:

“Ya Allah, berilah rahmat, salam dan keberkahan untuk tuan kami, Nabi Muhammad serta keluarganya, yang mempunyai cahaya yang dapat menghilangkan lupa dengan cahayanya pada setiap kerlipan mata dan nafas seluas ilmu Allah.”

Semoga dengan membiasakan baca shalawat di atas, kita dihindari dari sifat pelupa dan dikaranui ingatan yang kuat.

 

 

 



Sumber Berita

Continue Reading

Ibadah

Khutbah Jumat: Memelihara dan Memakmurkan lingkungan

Published

on

By


Khutbah Jumat I: Memelihara dan Memakmurkan lingkungan

اَلْحَمدُ للهِ الَّذِى اَمَرَناَ بِاتِّبَاعِ اْلحَقِّ ِفى كُلِّ اُمُرٍ, أَشْهَدُاَنْ لاَاِلٰهَ اِلاَّالله ُوَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ شَهَادَةً عَبْدٍشَكُوْرِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ اٰلِه وَصَحْبِهِ عَلىَ مَمَرِّالدُّهُوْرِ. ﴿أَمَّا بَعْدُ﴾ فَيَا عِبَادَ اللهِ. إِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّوَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Ma’asyiral Muslimin Hafidzakumullah,

Subhanallah, Allah telah membentangkan bumi yang sangat luas dengan tumbuh-tumbuhan yang menghijau ranau berkemilau. Diciptakannya Laut yang biru beserta seluruh ekosistem di dalamnya. Gunung-gunung, batu, air dan udara, semua itu merupakan sumber daya alam karunia Tuhan. Manusia diberikan mandat untuk memeliharanya dengan cara mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut berdasarkan azas kelestarian untuk mencapai kemakmuran yang dapat memenuhi kebutuhan sekarang dan generasi yang akan datang.

Namun kenyataan berbicara lain, bahwa alam ini mengalami kerusakan yang cukup parah, baik di daratan, lautan maupun udara yang mengakibatkan malapetaka bagi manusia. Kerusakan itu disebabkan oleh ulah tangan manusia yang tidak bertanggungjawab yang hanya mementingkan ambisi pribadi tanpa mempedulikan kelestarian alam. Untuk itu perlu ditumbuhkan kesadaran untuk mencintai alam serta lingkungan sekitar. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat al-Hijr ayat 19-20 :

وَاْلاَرْضَ مَدَدْنٰهَا وَاَلْقَيْنَا فِيْهَا رَوَسِىَ وَاَنْبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ سَيْئٍ مَوْزُوْنٍ. وَجَعَلْنَالَكُمْ فِيْهَا مَعٰيِسَ وَمَنْ لَسْتُمْ لَهُ بِرٰزِقِيْنَ.

“Dan kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan kami tumbuhkan padanya segala sesuatu yang menurut ukuran. Dan kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup. Dan (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezeki kepadanya.”

 

Ma’asyiral Muslimin Hafidzakumullah,

Ayat ini memberikan gambaran bahwa betapa banyak fasilitas yang telah Allah sediakan bagi manusia untuk dipergunakan bagi kebutuhan hidupnya, dengan catatan haruslah dengan kedasadaran menjaga keseimbangan dan kelestarian alam.

Allah menghamparkan bumi beserta seluruh isinya sebagai sumber kehidupan. Dijadikannya gunung-gunung dengan iklim yang cocok untuk pertanian, laut dijadikan sebagai sumber pencarian sang nelayan. Begitupula dengan sungai-sungai yang mengalir, tumbuh-tumbuhan bahkan hewan diciptakan Allah untuk kesejahteraan umat manusia. Sepantasnya manusia bersyukur dengan semua karunia yang Allah berikan.

Adalah suatu kenyataan, bahwa keadaan lingkungan alam di negeri kita ini sudah mengalami kerusakan yang sangat parah dan mengkhawatirkan, karena ulah perbuatan manusia. Kalaulah keadaan alam ini dirusak terus menerus maka kehancuran tinggal menunggu waktunya saja.

Ma’asyiral Muslimin Hafidzakumullah,

Coba kita renungkan!! selama kurang lebih lima tahun belakangan ini, musibah apa yang tidak menimpa negeri kita?!. Gelombang besar bernama tsunami sudah pernah terjadi, banjir bandang nyaris setiap tahun kita alami, tanah longsor dan banjir lumpur pun belum selesai kita tangani, kekeringan dan kebakaran seolah saling menjemput dan beriringan. Gunung berapi yang terbatuk dan memuntahkan lahar, mengirim batu dan pasir yang mematikan, seolah-olah sepakat untuk bergolak bersama di seluruh Indonesia.

Belum lagi global warming (pemanasan global) yang bagaikan monster yang siap menerkam kita setiap saat. Efek global warming diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan seperti; naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas kejadian alam yang ekstrim (saat kita yang di Sumatera berjuang menghadapi hujan dan banjir, di pulau Jawa justru kewalahan melawan panas). Akibat lain ialah terpengaruhnya hasil pertanian, punahnya berbagai jenis hewan, serta mengganggu kesehatan manusia. Ini bukan Tuhan sedang mengombral murka, ini tentang manusia dan perilakunya. Udara kita kotor, sungai kita tercemar, hutan kita gundul, siapa dalang dari semua ini kalau bukan manusia.

Ma’asyiral Muslimin Hafidzakumullah,

Bagi umat Islam, ajaran untuk tidak berbuat kerusakan pada alam, memelihara lingkungan, berbuat yang terbaik buat umat manusia, menjadi ajaran yang sangat dijunjung tinggi. Diriwayatkan oleh Thabrani, Nabi SAW bersabda yang artinya:

يَرْحَمُ مَنْ فىِ اْلاَرْضِ وَيَرْحَمُ مَنْ فىِ السَّمَاءِ

Sayangilah apa yang ada di bumi, niscaya kamu akan disayangi oleh yang ada di langit (Allah SWT)”

Begitu pula UU No. 41 Tahun 1999 tentang melestarikan hutan sudah ada, tapi kenapa masih saja merusak alam ini? Hal ini disebabkan karena adanya kelompok manusia yang memiliki sifat rakus, ingin cepat kaya, ditambah lagi dengan kurangnya pemahaman dan kesadaran terhadap nilai-nilai agama dalam kehidupannya sehingga enak saja merampok kekayaan alam.

Ma’asyiral Muslimin Hafidzakumullah,

Kerusakan alam yang terjadi seperti sekarang ini ternyata juga pernah terjadi pada zaman dahulu yakni pada kaum Nabi Tsamut. Oleh karena itu, Islam menyuruh kita belajar dari sejarah, karena dari sejarah itu dapat diperoleh gambaran bagaimana umat terdahulu berinteraksi dengan alam, bagaimana ganjaran Allah terhadap orang yang zalim dan membangkang kepada-Nya.

Bagi orang yang suka berbuat zholim dan membangkang kepada Allah, hendaknya menyadari bahwa betapa besar nikmat yang telah Allah berikan, maka adalah wajib mensyukuri nikmat itu dalam berbagai bentuk, seperti memanifestasikan dalam bentuk memelihara dan memakmurkan alam. Tidakkah seyogyanya manusia belajar dari masa lalu? Tapi ternyata manusia lupa dengan sejarah, hal ini seperti disebutkan dalam al-Qur’an surat Hud ayat 61 berikut ini:

وَاِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًا ۘ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗ ۗهُوَ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيْهَا فَاسْتَغْفِرُوْهُ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ ۗاِنَّ رَبِّيْ قَرِيْبٌ مُّجِيْبٌ

“Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Sholeh, Sholeh berkata : “Hai kaumku, sembahlah Allah. Sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (do’a hamba-Nya)”

 

Hadirin Jama’ah Jum’at Yang dirahmati Allah.

Dalam ayat tadi, Allah SWT menjelaskan bahwa, setelah manusia berkembang biak di atas bumi, mereka diserahi tugas oleh Allah untuk memakmurkannya sebagai ungkapan dari rasa syukur atas anugerah dan karunia dari pada-Nya. Dalam ayat tadi secara jelas Allah berfirman وَاسْتَعْمَرَكُمْ (dan menjadikan kamu pemakmurnya), artinya bahwa alam beserta segala isinya hendaklah dipelihara dan dijaga kelestariannya. Bagaimana caranya?

Yaitu menghentikan segala bentuk ekploitasi alam, baik itu berupa penebangan hutan secara liar alias illegal logging, penambangan emas tanpa izin (PETI), menangkap ikan dengan cara meracuni air sungai. Kemudian lakukan reboisasi, singkirkan sifat rakus dari dalam hati melalui pemahaman secara utuh terhadap ajaran agama. Kepada orang tua, tokoh masyarakat, ulama dan para pemimpin hendaklah memberikan peringatan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya memelihara alam, dan yang paling penting kepada penegak hukum, tegakkan hukum yang sebenar-benarnya, berikan sanksi hukum yang tegas.

Hadirin Jama’ah Jum’at Yang Berbahagia.

Bila kita telah terlanjur berbuat kezholiman dan kerusakan, sesungguhnya Allah Maha Pengampun. Oleh karena itu dalam ayat tadi Allah juga memerintahkan   فاَسْتَغْفِرُوْهُ(bertaubatlah kamu). Bila kita bertaubat kemudian diiringi dengan amal sholeh dalam konteks ini yaitu memakmurkan dan memelihara alam, maka Insya Allah alam nan indah ini akan terjaga kelestariannya sehingga apa yang kita nikmati saat ini juga akan dinikmati oleh anak cucu kita dikemudian hari karena alam nan indah ini adalah titipan anak cucu kita bukan warisan dari nenek moyang. Oleh karena itu seyogyanya kita mewariskan mata air bukan air mata.

باَرَكَ اللهُ ِلى وَلَكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلأَ يَاتِ وَالذِّكْرِ اْلحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّاوَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَالسَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ.

Khutbah Jumat II: Memelihara dan Memakmurkan lingkungan

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ، وَأَحُثُّكُمْ عَلَى طَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحًمُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ اْلقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ. صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ وَصَدَقَ رَسُوْلُهُ النَّبِيُّ الْكَرِيْمُ وَنَحْنُ عَلَى ذلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ وَالشَّاكِرِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْياَءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَقَاضِيَ الْحَاجَاتِ. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار. عِبَادَ اللهِ! إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ، فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ  وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.

Baca juga teks khutbah Jumat yang lain. (AN)

 

Oleh: Ustadz Abdul Aziz, M.Hum.

 



Sumber Berita

Continue Reading

Trending Artikel

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved