Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Beserta Urutan Bacaannya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Beserta Urutan Bacaannya

Published

on

[ad_1]


loading…

Bagi umat muslim Indonesia, ziarah kubur sudah menjadi tradisi setiap menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Berikut tata cara ziarah kubur sesuai sunnah. Perlu diketahui, ziarah kubur tidaklah bermaksud untuk menyembah kuburan atau sebagainya. Ziarah kubur merupakan ibadah mulia untuk mengenang dan menghormati keluarga atau kerabat yang sudah meninggal, juga pengingat kematian.

Dalam salah satu hadis riwayat Al-Hakim, Rasulullah SAW bersabda:

كنت نهيتكم عن زيارة القبور ألا فزوروها فإنها ترق القلب ، وتدمع العين ، وتذكر الآخرة ، ولا تقولوا هجرا

Artinya: “Dahulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena ia dapat melembutkan hati, meneteskan air mata, mengingatkan kalian akan negeri akhirat namun jangan kalian mengucapkan kata-kata batil (di dalamnya).” (HR Al-Hakim)

Berikut tata cara yang harus dilakukan peziarah ketika melakukan ziarah kubur:

1. Bersuci Terlebih Dahulu
Tata cara ziarah kubur sesuai sunnah yang pertama adalah bersuci. Dalam hal ini, dianjurkan sebelum berziarah untuk berwudhu terlebih dahulu dari rumah.

2. Mengucapkan Salam
Tata cara ziarah kubur sesuai sunnah yang berikutnya adalah dengan mengucap salam. Ucapan salam ini ditujukan untuk ahli kubur yang hendak diziarahi. Berikut bacaannya.

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ لَلاَحِقُوْنَ نَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

“Assalaamu ‘alaikum ahlad diyaari minal mukminin wa inna insya Allahu bikum laahiquun, Nas alullaha lana walakumul ‘aafiyah.”

Artinya:
“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai ahli kubur dari kalangan orang-orang mukmin. Dan sesungguhnya kami, insya Allah, akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah buat kami dan kalian akan keselamatan.”

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Tata #Cara #Ziarah #Kubur #Sesuai #Sunnah #Beserta #Urutan #Bacaannya

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved