Shalat Tepat Waktu sebagai Amalan Terbaik – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Shalat Tepat Waktu sebagai Amalan Terbaik

Published

on



loading…

Kaum muslimin diperintahkan atau diwajibkan melaksanakan shalat fardhu 5 waktu. Dan Allah Subhanhu wa ta’ala sangat menyukai hamba-hambanya yang melaksanakan kewajiban tersebut dengan tepat waktu. Selain itu, pelaksanaan shalat di awal waktu pun adalah amalan terbaik.

Shalat fardhu yang menjadi kewajiban umat Islam ini yakni shalat Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Allah Taโ€™ala berfirman:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูŽ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ูƒูุชูŽุงุจู‹ุง ู…ูŽูˆู’ู‚ููˆุชู‹ุง

โ€œSesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.โ€ (QS Annisaa: 103)

Baca juga: Perlukah Ada Jeda Antara Shalat Wajib dan Rawatib?

“Dan shalat di awal waktu adalah amalan terbaik, berjamaah di masjid bagi kaum lelaki dan di rumah bagi kaum wanita,”ungkap Ustadz Hadrami dalam salah satu ceramahnya, baru-baru ini.

Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

ุณูุฆูู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽูŠู‘ู ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ุฃูŽูู’ุถูŽู„ูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูููŠ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ูˆูŽู‚ู’ุชูู‡ูŽุงยป

Rasulullah -Sholallahu โ€˜alaihi wa Salam- ditanya tentang apakah amalan yang paling utama?, Beliau menjawab :โ€shalat pada awal waktuโ€. (HR Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)

Karena itu, menurut dai yang aktif di Yayasan Al Hisbah Bogor ini menjelaskan, siapa saja yang melaksanakan sshalat hingga hampir lewat waktunya tanpa uzur dikategorikan sebagai kelalaian.

Allah Taโ€™ala berfirman:

ููŽูˆูŽูŠู’ู„ูŒ ู„ู‘ูู„ู’ู…ูุตูŽู„ู‘ููŠู†ูŽ (4) ูฑู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู‡ูู…ู’ ุนูŽู† ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ูู…ู’ ุณูŽุงู‡ููˆู†ูŽ (5)

โ€œMaka celakalah orang yang shalat, (4) yang (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap shalatnya,(5)โ€ (QS Surat Al Maโ€™un)

Maknanya: Mereka terlalaikan darinya, tidak melaksanakannya sebagaimana mestinya, mereka menunda-nundanya dari waktu terbaiknya, tidak menyempurnakan rukuโ€™nya, sujudnya, berdirinya, dan duduknya, mereka tidak membaca apa-apa yang wajib dibaca baik itu bacaan dzikir atau pun al-Quran. (Tafsir Juz Amma Syaikh Salih Al Utsaimin)

“Maka, janganlah sampai kita masuk ke dalam golongan kaum munafikin yang salah satu ciri mereka adalah meremehkan shalat. Sesibuk apapun, selama itu bukan uzur syarโ€™i seperti sakit dan safar. Maka shalat harus yang diutamakan dari kesibukan lainnya jika sudah datang waktunya,”tuturnya.

Baca juga: Mengenal Tugas Lain Malaikat Jibril

Wallahu Alman

(wid)



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved