Permudah Masyarakat Berinfak dan Bersedekah, IZI Luncurkan Zakat Self Service – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Permudah Masyarakat Berinfak dan Bersedekah, IZI Luncurkan Zakat Self Service

Published

on

[ad_1]


loading…

JAKARTA – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan produk bernama Zakat Self Service (ZSS). Mesin yang terinspirasi dari mesin ATM ini memiliki layanan yang cepat dan akurat dalam memudahkan aktivitas zakat, infak, atau sedekah (ZIS) di ruang publik seperti rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.Direktur Edukasi dan Kemitraan Zakat IZI, Deddy Fenalosa mengatakan mesin ZSS menjadi terobosan pembayaran zakat di era digital saat ini. Di mana penggunaannya cukup mudah, mulai dari pemilihan fitur zakat yang ditunaikan, lalu memasukan nominal pembayaran zakat.

Setelah itu pembayar zakat dapat memasukkan identitas. Kemudian masuk ke fitur pembayaran yang sudah didukung dengan QR Code dan terhubung dengan aplikasi perbankan maupun aplikasi e-wallet lainnya.

Baca juga: Pendapatan ZIS Terus Meningkat, Anies Berikan Penghargaan kepada 11 Muzaki Istimewa

“Ini merupakan langkah yang kami ambil untuk mempermudah para pembayar zakat. Mulai dari pelayanan zakat fitrah minimal Rp35.000 per jiwanya sudah bisa menggunakan mesin ini,” kata Deddy dalam Launching Zakat Self Service, di Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Zakat Profesi dalam Bingkai Sejarah Islam

Adapun fitur zakat dalam mesin ZSS, kata Deddy yaitu berupa Zakat Fitrah mulai dari Rp35.000, Zakat Emas minimal 85 gr, Zakat Pendapatan minimal pendapatan Rp6.530.000, dan Zakat Tabungan minimal setara dengan 85 gr emas.

Untuk saat ini, mesin ZSS baru ditempatkan di pusat perbelanjaan serta ruang-ruang layanan publik. Dua lokasi perdana mesin ZSS yakni berada di depan lift lantai 2 G Card Grand Indonesia, dan di Rumah Sakit Meilia, Cimanggis, Depok. “Kita menaruhnya di tempat-tempat keramaian terlebih dahulu. Kalau minat masyarakat tinggi nanti kita akan menyebarkan ke titik-titik yang lain,”ujar nya.

Deddy berharap dengan kehadiran mesin ZSS di ruang publik, dapat menjadi inspirasi baru dalam menunaikan zakat. Serta menjangkau masyarakat yang lebih luas sehingga penghimpunan ZIS akan lebih optimal.

“Harapannya masyarakat makin bisa termudahkan dengan adanya fasilitas ini mulai dari edukasi zakat pendapatan, emas, fitrah dan lain lain. Sehingga dana yang terkumpul dapat kami salurkan menjadi program bermanfaat,”tutur dia.

(cip)

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Permudah #Masyarakat #Berinfak #dan #Bersedekah #IZI #Luncurkan #Zakat #Service

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved