Pedagang Acar Gurih Meraup Berkah Selama Ramadhan di Palestina – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Pedagang Acar Gurih Meraup Berkah Selama Ramadhan di Palestina

Published

on




loading…

JALUR GAZA – Di persimpangan jalan di pasar, sejumlah pedagang telah mendirikan kios yang menawarkan acar berwarna-warni cerah, yang dikenal sebagai turshi, di Palestina.Turshi diketahui berasal dari era Fatimiyah. Ini adalah lauk penting dan banyak diinginkan saat buka puasa selama Ramadhan di Palestina.

“Sejak saya masih kecil, saya telah melihat ayah saya membeli acar selama Ramadhan khususnya, dan ibu saya meminta saya untuk membeli beberapa acar itu untuk ditaruh di meja buka puasa ketika saya kembali ke rumah,” ungkap Mahmoud Ghoneim (23) yang membeli setengah kilo acar mentimun, paprika, dan terong dari seorang pedagang.

Baca juga: Makan Sahur Memiliki Keberkahan Dunia dan Akhirat

Ghoneim paling suka acar mentimun, yang biasa disiapkan ibunya setiap tahun di rumah. “Tetapi musim acar mentimun datang terlambat, dan ibu saya tidak bisa menyiapkannya terlebih dahulu sebelum Ramadhan,” tutur dia.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Umat Islam Buka Puasa dan Tarawih di Times Square New York

Biasanya, beberapa ibu rumah tangga menyiapkan acar di rumah sepanjang tahun dengan sayuran musiman; beberapa hanya menyiapkan dan menyimpannya untuk Ramadhan.

Nisreen Lubbad (50) mengatakan dia tidak membeli acar dari toko, tetapi membuatnya di rumah sepanjang tahun.

“Saya dan keluarga saya lebih suka produk yang dapat disiapkan di rumah karena saya dapat mengontrol bagaimana mereka disiapkan . . . tingkat keasinannya, berbeda dengan yang ada di pasaran,” ujar dia.

Pembuatan acar tidak terbatas di rumah, tetapi perdagangannya berkembang pesat selama bulan Ramadhan bagi pemilik usaha di bidang ini.

Saeed Al-Sakka, pemilik salah satu pabrik acar, mempekerjakan lebih banyak pekerja sebelum awal Ramadhan untuk memenuhi permintaan acar yang meningkat.

“Musim Ramadhan adalah salah satu musim terbaik di mana acar semakin banyak dijual di Jalur Gaza. Melewati beberapa tahap: Sayuran dipetik dari pertanian, kemudian dibersihkan, diasinkan, dibersihkan, diproses, dan kemudian dikemas dengan bobot yang berbeda,” ungkap dia.

Al-Sakka menyiapkan sekitar 32 jenis acar di pabriknya, dengan permintaan mentimun, paprika, terong, zaitun, wortel, dan acar lobak dan makdous meningkat selama Ramadhan.

Abu Ahmed Al-Rubaie, salah satu pemilik toko di pasar Sheikh Radwan di utara Kota Gaza, mengatakan acar sangat diperlukan di setiap rumah, baik orang kaya maupun yang miskin membelinya.

Dia beralasan, “Orang yang berpuasa minum banyak air dan cairan, yang pada gilirannya membuatnya tidak makan, dan acar berfungsi untuk makanan karena rasanya yang khas.”

Iman Abu Qamar, 44, yang berdiri di depan toko Al-Rubaie, lebih menyukai acar buah zaitun dan terong daripada varietas lain, dan yang memiliki umur simpan lebih cepat dan salinitas rendah.

Menjadi makanan pokok di meja buka puasanya, keluarga Abu Qamar mengonsumsinya sebagai makanan pembuka.

“Pada bulan Ramadhan, berbagai jenis disiapkan dan dijual, lebih dari bulan-bulan lainnya, antara lain kembang kol, jeruk lemon dengan cabai merah, cabai kecil biasa, dan terong,” ungkap dia.

Jalur Gaza terkenal dengan budidaya sayuran, yang merupakan sumber utama acar. Pedagang biasanya membeli dan menimbun sayuran musiman karena harga yang lebih rendah saat itu.

(sya)



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Pedagang #Acar #Gurih #Meraup #Berkah #Selama #Ramadhan #Palestina

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved