Manfaat Berhijab dalam Aktivitas Muslimah Sehari-hari - Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Manfaat Berhijab dalam Aktivitas Muslimah Sehari-hari

Published

on



loading…

Sebagai perintah agama, menutup aurat dengan jilbab atau hijab ada banyak manfaatnya bagi perempuan muslimah. Di antara manfaatnya tersebut, sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Perintah menutup aurat dengan hijab, jilbab dan sejenisnya banyak disebutkan dalam ayat Al-Qur’an dan As Sunnah.

Salah satunya dalam ayat Al-Quran, Allah Ta’ala berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Baca juga: Mengenal Standardisasi Hijab Syar’i

Sedangkan salah satu hadis menyebutkan tentang kewajiban menutup aurat adalah sebagai berikut:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersada: “Wahai anakku Fatimah ! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu di dunia tidak mau menutup rambutnya daripada dilihat laki-laki yang bukan mahramnya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Lantas, apa saja manfaat hijab atau jilbab bagi aktivitas muslimah sehari-hari ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaatnya:

1. Bentuk ketakwaan kepada Allah Ta’ala

Sebagai perempuan muslim, tentu kita diperintahkan dan wajib beriman dan bertakwa kepada Tuhan. Takwa ini merupakan bentuk perbuatan menjalankan perintah Allah Ta’ala dan menjauhi laranganNya.

2. Selamat dari azab Allah (azab neraka)

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Ada dua macam penghuni Neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh” (HR. Muslim).

Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.

Kemudian hadis Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Aku melihat ada perempuan digantung rambutnya, otaknya mendidih. Perempuan tersebut adalah perempuan yang mengumbar dan mempertontonkan rambutnya kepada laki-laki selain suaminya. Perempuan ini mukanya akan menghitam dan memakan isi perutnya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Perhiasan-perhiasan Bagi Para Penghuni Surga

3. Mendidik akhlak agar lebih baik

Semua perempuan muslim tentu ingin menjadi saleha, ingin menjadi pribadi yang taat pada agama dan dicintai Allah Ta’ala. Nah, salah satu cara menjadi wanita saleha menurut islam adalah mengenakan jilbab . Kemudian juga dibarengi dengan memperbaiki akhlak. Dengan begitu kita bisa menjadi perhiasaan dunia.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita saleha.” (HR. Muslim).



Berita Selengkapnya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved