Kisah Sayyidina Ali Bersedekah 6 Dirham Dibalas Kontan 300 Dirham – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Sayyidina Ali Bersedekah 6 Dirham Dibalas Kontan 300 Dirham

Published

on

[ad_1]


loading…

Keutamaan bersedekah tidak diragukan lagi keajaibannya. Apa yang dilakukan Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu dan Sayyidah Fathimah radhiyallahu ‘anha layak kita jadikan teladan. Di tengah keterbatasan mereka tetap ikhlas berbagi membantu orang lain. Uang 6 Dirham yang mereka infakkan di jalan Allah dibalas kontan 600 Dirham. Berikut kisahnya diceritakan Syekh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury dalam Kitab Al-Mawa’izh Al-‘Usfuriyah.

Baca Juga: 7 Keutamaan Orang yang Bersedekah

Diriwayatkan dari Ja’far bin Muhammad, dari ayahnya dari kakeknya, bahwa ia berkata kalau Ali bin Abi Thalib memberitahunya: “Suatu ketika, Ali pulang dari menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (SAW) dan menuju rumahnya sampai ia menemui Fathimah , putri Rasulullah SAW.

Ali melihatnya tengah duduk sambil memintal bulu dan Salman Al-Farisi berada di depannya sambil mengulurkan bulu kepadanya. “Hai wanita mulia! Apakah kamu memiliki sesuatu yang dapat diberikan untuk makanan untamu?” tanya Ali.

“Demi Allah! Aku tidak memiliki apa-apa. Tetapi ini ada 6 (enam) Dirham yang aku dapatkan dari Salman karena memintal bulu dan aku berencana menggunakannya membeli makanan untuk Hasan radhiyallahu ‘anhu dan Husain radhiyallahu ‘anhu,” jawab Fathimah.

“Hai wanita mulia! Berikanlah 6 Dirham itu kepadaku,” pinta Ali Karramallahu Wajhah.

Kemudian Fathimah memberikan 6 dirham itu di telapak tangan Ali. Kemudian Ali pergi keluar membeli makanan. Tiba-tiba ada seorang laki-laki berdiri dan berkata: “Siapa yang akan mengutangi Allah Yang Maha Mengatur Segala Urusan dan Yang Memenuhi Janji?” Kemudian Ali mendekati laki-laki itu dan memberikan 6 Dirham itu kepadanya.

Ali pun kembali pulang ke rumah Fathimah dengan tangan kosong. Ketika Fathimah melihatnya tanpa membawa apa-apa, ia pun menangis. “Wahai wanita mulia! Apa yang membuatmu menangis?” tanya Ali.

“Mengapa kamu datang kembali dengan tangan kosong?” tanya Fatimah.

“Wahai wanita mulia! Aku telah mengutangkan 6 Dirham itu kepada Allah,” jawab Ali.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kisah #Sayyidina #Ali #Bersedekah #Dirham #Dibalas #Kontan #Dirham

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved