Kisah Sahidnya Sumayyah di Tangan Abu Jahal yang Kejam – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Kisah Sahidnya Sumayyah di Tangan Abu Jahal yang Kejam

Published

on

[ad_1]


loading…

Sumayyah binti Khayyat adalah Ibunda Ammar bin Yasir . Ia dan sang suami sahid akibat disiksa kaum kafir Quraish.Sumayyah menjadi perempuan yang sahid pertamadalam Islam.Khalid Muhammad Khalid dalam bukunya berjudul “Karakteristik Perihidup 60 Sahabat Rasulullah” menyatakan penderitaan dan pengalaman Sumayyah dari siksaaan ini amat ngeri dan menakutkan. “Cukuplah kita sebutkan sekarang tanpa berlebih-lebihan bahwa syahidah Sumayyah telah menunjukkan sikap dan pendirian tangguh, yang dari awal hingga akhirnya telah membuktikan kepada kemanusiaan suatu kemuliaan yang tak pernah terhapus, dan kehormatan yang pamornya tak pernah luntur,” ujarnya.

“Suatu sikap yang telah menjadikannya seorang bunda kandung bagi orang-orang Mumin di setiap zaman, dan bagi para budiman sepanjang masa,” lanjut Khalid Muhammad Khalid.

Baca juga: Rasulullah SAW kepada Yasir: Kalian Akan Menemukan Tempat Tinggal di Surga

Ibnu Hajar al-Asqalani dalam bukunya berjudul “Al-Ishabah fi Tamyiz ash-Shahabah” mengutip Dihyah bin Khalifah Al-Kalbi meriwayatkan, bahwa Abdullah bin Yasir juga disiksa bersama saudara lelakinya, Ammar, dan kedua orang tuanya.

Riwayat itu juga menambahkan, bahwa Sumayyah mati syahid ketika Abu Jahal menusukkan tombaknya ke bagian paling pribadi dari tubuhnya. Yasir syahid dalam penyiksaan dan (putranya) Abdullah jatuh (mati) ketika sebuah panah ditembakkan kepadanya.

Selain itu, Mujahid bin Jabir juga meriwayatkan, “Syuhada pertama adalah Sumayyah, ibunda Ammar, yang mati syahid pada masa awal Islam saat Abu Jahal menusukkan tombaknya ke bagian paling pribadi dari tubuhnya.”

Ayat-Ayat Al-Quran
Khalid Muhammad Khalid menyatakan bahwa pengorbanan yang dilakukan oleh Ammar dan keluarganya dilukiskan dalam Al-Quran, dan bukan hanya dalam satu atau dua ayat. Berikut ini beberapa ayatnya:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?” ( QS Al-Ankabut : 2)

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar.” ( QS Ali Imran : 142)

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Kisah #Sahidnya #Sumayyah #Tangan #Abu #Jahal #yang #Kejam

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved