KIAI NASAKOM – Harakah.ID – Situs Belajar Islam Terpercaya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

KIAI NASAKOM – Harakah.ID – Situs Belajar Islam Terpercaya

Published

on

KIAI NASAKOM – Harakah.ID – Situs Belajar Islam Terpercaya

[ad_1]





Nalar Fikih Siyasah NU-Santara Kiai Wahab Chasbullah

KIAI NASAKOM – Harakah.ID – Situs Belajar Islam Terpercaya

Penulis: Anas Shafwan Khalid
Editor : Hilmy Firdausy
Tata Letak : Ulin Nuha
Desain Cover : Azkirof & Hari Putra Z
Ukuran:14 x 21 cm; xiv + 286 halaman
ISBN : 978-623-95743-4-5

Kata Kiai Saifuddin Zuhri dan Kiai Abdul Halim bin Kedung, Sejarah NU ya sejarah Kiai Wahab dan pemikirannya. Identifikasi ini bukanlah anakronisme yang kerap diidentikkan dengan penulisan sejarah dan biografi para kiai.
Bayangkan saja, sosok kiai ini yang menggagas NU sejak 1916, meresmikannya pada tahun 1926, memperjuangkannya pada tiap Muktamar, menjaga eksistensinya tatkala Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Mahchfoed Siddiq ditahan Pemerintah Jepang, mendampingi NU setelah sang Rois Akbar wafat, hingga NU menjelma partai politik dan bisa melalui dua orde pemerintahan, Era Soekarno dan Soeharto. Bahkan, 4 hari menjelang wafatnya, sang Kiai ini masih sempat hadir dalam Muktamar NU ke-25 di Surabaya pada tahun 1971, dan sanggup memikul tanggungjawab sebagai Rais ‘Aam.
Totalitas perjuangan Kiai Wahab itulah yang membentuk karakter NU.
Tapi menulis sejarah pemikiran Kiai Wahab tampaknya tidak mudah. Tidak banyak, atau bahkan hampir tidak ada, dokumen yang bisa diacu kecuali fragmen-fragmen pemikiran beliau dalam pidato-pidato maupun obrolan yang sempat direkam. Salah satu dokumen penting yang kiranya penting diacu guna mentiris gagasan Kiai Wahab, lebih-lebih nalar fikih siyasah yang selama menjadi karakternya, adalah pidato-pidato Kiai Wahab dalam Sidang Konstituante 1956-1959.
Buku ini secara spesifik akan memotret Kiai Wahab dalam Sidang Konstituante, sekaligus juga, secara general akan membicarakan karakter fikih siyasah dalam tubuh NU.








[ad_2]

Sumber Berita harakah.id

#KIAI #NASAKOM #Harakah.ID #Situs #Belajar #Islam #Terpercaya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved