Keistimewaan Shalat Tarawih dan Keutamaannya yang Sayang untuk Dilewatkan – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Keistimewaan Shalat Tarawih dan Keutamaannya yang Sayang untuk Dilewatkan

Published

on

[ad_1]


loading…

Umat muslim akan segera memasuki bulan suci Ramadhan , bulan yang memiliki keutamaan dan perbedaan ibadah dibanding dengan bulan lain seperti adanya shalat tarawih . Karena shalat tarawih hanya ada di bulan yang penuh berkah ini, betapa sayangnya jika kita melewatkan shalat ini karena kesibukan.Banyak keutamaan dan keistimewaan dari shalat tarawih yang mungkin jarang diketahui banyak orang . Shalat tarawih termasuk qiyamul lail atau shalat di waktu malam. Shalat Tarawih hukumnya sunnah muakad yaitu sunah yang sangat dianjurkan. Dalam mengerjakan shalat tarawih boleh dilakukan sendiri namun lebih afdal menurut mayoritas ulama dilakukan secara berjamaah. Shalat ini dianjurkan bagi muslim laki-laki maupun perempuan. Rakaatnya pun boleh dilakukan sebanyak 11 atau 23 rakaat.

Baca juga: Tarhib Ramadhan, Ini Perbedaan Sholat Tarawih dan Tahajud

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut keutamaan shalat tarawih ini:

1. Diampuni dosa-dosa yang lalu.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari)

Yang dimaksud qiyamRamadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. Hadits ini memberitahukan bahwa shalat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bukan karena riya’ atau alasan lainnya.

Sedangkan yang dimaksud “pengampunan dosa” dalam hadits ini adalah dapat mencakup dosa besar maupun dosa kecil berdasarkan tekstual hadits, hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Ibnul Mundzir. Namun An Nawawi mengatakan bahwa yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah khusus untuk dosa kecil

2. Shalat tarawih bersama imam seperti shalat semalam penuh

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Keistimewaan #Shalat #Tarawih #dan #Keutamaannya #yang #Sayang #untuk #Dilewatkan

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved