Hikmah Membaca Surat Al-Dhuha: Jalan Keluar Bila Menderita Kerugian - Bagyanews.com
Connect with us

Ibadah

Hikmah Membaca Surat Al-Dhuha: Jalan Keluar Bila Menderita Kerugian

Published

on


Al-Qur’an pedoman hidup seluruh manusia. Di dalamnya terdapat banyak keterangan tentang kehidupan dunia dan akhirat nanti. Selain menjadi kitab pedoman, membaca al-Qur’an juga menjadi bagian dari ibadah, meskipun orang yang membacanya tidak memahami maksud dan kandungan yang dibaca. Membaca al-Qur’an memiliki banyak hikmah dan keutamaan.

Hal ini sebagaimana disebutkan Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki dalam Abwabul Faraj. Dalam kitab tersebut, Sayyid Muhammad menjelaskan beberapa keutamaan dan hikmah membaca al-Qur’an, dan secara khusus mengungkap rahasia yang terdapat dalam surat-surat tertentu. Rahasia dan hikmah surat itu merujuk pada riwayat dari Rasulullah, sahabat Nabi, dan ada juga dari para ulama yang istiqamah.

Sayyid Muhammad mengutip Imam al-Ghazali yang menjelaskan terdapat beberapa riwayat dari banyak ulama salaf bahwa mereka membiasakan baca surat al-Dhuha pada saat menderita kerugiaan dan kehilangan sesuatu. Setelah mengamalkan itu, biasanya mereka mendapatkan ganti dari Allah SWT dari kerugian dan kehilangan yang dialami.

Sebelum membaca surat al-Dhuha, mereka shalat Dhuha sebanyak 8 rakaat. Sesudah shalat Dhuha, mereka membaca surat al-Dhuha 7 kali dan membaca doa:

يَا جَامِعَ الْعَجَائِبِ، يَا رَادٌّ كُلِّ غَائِبِ، يَاجَامِعَ الشَّتَاتِ، يَامَنْ مَقَالِيْدُ الْأُمُوْرِ بِيَدِهِ، اِجْمَعْ عَلَيَّ ضَائِعِيْ، أَوْ اِجْمَعْ ضَائِعِ فُلَاِن عِلِيْهِ، لاَجَامِعَ إِلاِّ أَنْتَ

Ya jami’al aja’ibi, ya radda kullil ghaibi, ya jami’asy syatati, ya man maqalidil umuri biyadihi, ijma’ ‘alayya dha`i’I, aw ijma’ dha`i’I Fulani ‘alaihi, la jami’a illa anta

“Wahai Sang Penghimpun segala hal menakjubkan. Wahai Sang Pengembali segala sesuatu yang tidak ada. Wahai Sang Penghimpun segala hal yang terpencar. Wahai yang di tangan-Nya ada kunci segala urusan. Himpunlah bagiku barangku yang hilang. Atau himpunlah barang hilang si fulan baginya. Tidak ada yang menghimpunnya baginya selain engkau.”

Semoga dengan membaca surat al-Dhuha dan doa di atas, Allah memberi kemudahan, dan mengganti kerugian yang pernah kita alami.





Sumber Berita

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved