Gempa Bumi dalam Perspektif Al-Qur’an, Berikut 3 Hikmahnya – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Gempa Bumi dalam Perspektif Al-Qur’an, Berikut 3 Hikmahnya

Published

on



loading…

Kita patut berduka atas peristiwa gempa bumi 6,7 SR yang mengguncang wilayah Sumur, Banten dan sejumlah daerah di Jabodetabek. Musibah gempa bumi juga pernah terjadi di zaman para Nabi.

Bahkan di masa Umar Bin Khattab yang dikenal sebagai pemimpin adil, gempa bumi pernah melanda Madinah. Hampir saja Madinah berguncang hebat. Ketika gempa bumi terjadi, Umar berseru: “Wahai bumi, apakah aku berbuat tidak adil?” Bumi pun kembali tenang. Dalam Kitab al-Majalis al-Saniyyah karya Ahmad bin Syekh Hijaz diceritakan, Umar berkata, “Tenanglah. Saya orang yang adil. Jika saya tidak bisa berbuat adil, maka celakalah Umar.” Tak lama kemudian bumi menjadi tenang dan tidak pernah ada lagi gemba bumi setelah itu.

Allah memberitahukan kabar gembira bagi orang yang sabar apabila mereka ditimpa musibah mereka mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). (QS Al-Baqarah: 156)

Al-Qur’an telah memperingatkan manusia tentang bencana yang sewaktu-waktu datang. Adapun bentuk bencana yang dijelaskan Al-Qur’an antara lain bencana dari luar angkasa, bencana dari perut bumi seperti gunung meletus, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, banjir, bencana cuaca ekstrem, angin, bencana penyakit dan lain sebagaianya.

Tidak satu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) melainkan semuanya telah tertulis dalam kitab (Lawhul Mahfuzh). Sedikitnya ada 51 ayat dalam Al-Qur’an yang membicarakan tentang alam.

Sebagian orang beranggapan bahwa bencana semata-mata karena takdir dari Allah. Namun, perlu diketahui sunnatullah itu terjadi karena sebab akibat. Boleh jadi manusia lupa akan tugas-tugas kekhalifahan di atas bumi.

ظَهَرَ الۡفَسَادُ فِى الۡبَرِّ وَالۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ اَيۡدِى النَّاسِ لِيُذِيۡقَهُمۡ بَعۡضَ الَّذِىۡ عَمِلُوۡا لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُوۡنَ

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. Ar-Rum Ayat 41)

Kata “musibah” disebutkan sebanyak 76 kali dalam Al-Qur’an dengan kata yang seakar dengannya. Musibah berarti sesuatu yang tidak menyenangkan yang menimpa manusia. Ada beberapa hikmah yang dapat ditarik dari Al-Qur’an terkait musibah.

1. Musibah Terjadi karena Ulah Manusia
Artinya, musibah terjadi karena dosa dan perbuatan buruk manusia. Sebagaimana tertuang dalam Al-Qur’an:



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Gempa #Bumi #dalam #Perspektif #AlQuran #Berikut #Hikmahnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved